5 Tips Menyetrika Cepat dan Rapi



illustrasi/ kliknclean.com


Pakaian merupakan kebutuhan dasar seluruh umat manusia di dunia. Selain berfungsi sebagai penutup tubuh, pakaian juga berfungsi sebagai penghangat tubuh. Keberadaannya tidak pernah bisa lepas dari petumbuhan manusia dari akhir hingga menjelang akhir hayat.

Semakin berkembangnya zaman, pakaian tidak hanya sebagai penutup dan penghangat tubuh. Pakaian menjadi tren fashion dengan berbagai gaya. Jenis bahannya juga beragam. Setiap orang bahkan bisa memiliki selera sendiri untuk menentukan model pakaian seperti apa yang nyaman untuk dirinya.

Dalam kehidupan bersosial, kegiatan dan pekerjaaan dapat menentukan pakaian macam apa yang cocok dikenakan. Seperti saat bekerja di kantor, lebih cocok dengan setelan formal seperti celana/ rok kain, kemeja, dasi, dan jas. Sementara saat kuliah bisa lebih kasual, asalkan rapi dan sopan. Berbeda lagi model pakaian saat menghadiri kondangan pernikahan, pesta ulang tahun, ibadah, reuni, liburan, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

           Nah, dalam setiap kesempatan dimanapun berada, kalian pasti banyak dari kalian ingin selalu tampil rapi. Pakaian yang tidak rapi dan kusut membuat kalian tidak percaya diri. Cara yang umum dilakukan agar pakaian tidak kusut dan rapi adalah menyetrika.

        Tapi ketika tidak memiliki waktu banyak, menyetrika menjadi hal yang cukup merepotkan. Apalagi dalam keadaan terburu-buru.
         Kami bagikan tips dan trik menyetrika cepat yang kami rujuk dari laman setrika.co.id.  Tips dan trik ini dapat mengatasi permasalahan waktu menyetrika yang sering menelan banyak menit. Menyetrika terburu-buru hanya akan menambah kekusutan pada pakaian karena disetrika sembarangan. Oleh karenanya, kalian harus menyimak tips dan trik menyetrika cepat berikit ini.

1. Gunakan alumunium Foil

Terbilang unik jika kita mengaitkan aluminium foil dengan menyetrika. Namun masalah menyetrika yang harus membolak-balikkan pakaian ternyata dapat diatasi dengan benda yang satu ini.
Taruhlah aluminium foil di atas papan setrika atau jika tidak ada papan khusus setrika, boleh diletakkan di permukaan yang datar sebagai tempat menyetrika. Sifat aluminium foil yang mudah memantulkan panas sangat berguna dalam proses menyetrika.
Aluminium yang diletakkan sebagai alas menyetrika akan memantulkan panas yang diterimanya hingga tembus ke sisi lawan pada pakaian. Kalau kalian menyetrika pakaian secara menyeluruh, pasti kalian harus membolak-balik pakaian. Tidak mungkin kalian membiarkan sisi baju bagian depan kusut sementara bagian belakang baju sudah rapi, kan?
Proses membolak-balik baju ini cukup menguras waktu. Trik yang pertama ini dapan menjaadi jawaban atas permasalahan waktu tersebut. Jadi kalian hanya perlu menyetrika satu sisi karena aluminium foil akan menghantarkan suhu panas yang diterimanya sampai ke sisi lain pada pakaian. Waktu kalian pun dapat  dua kali lebih cepat

2. Gulungan Handuk

Gulungan handuk berguna dalam penyetrikaan lengan panjang kemeja yang biasanya memakan waktu lama agar menghasilkan lengan tak berlipat. Namun jika kita menggunakan cara manual seperti mengulang-ulang penyetrikaan dan menekan bagian tengah lengan hanya akan semakin menghabiskan waktu kalian. Jalan pintasnya adalah taruh gulungan handuk kecil ke dalam lengan lalu setrikalah seperti biasa.

3. Menyetrika dari Dalam
Menyetrika dari bagian dalam, ampuh mempercepat kelicinan baju berbahan tebal dan khusus seperti pada cara menyetrika jersey dan cara menyetrika kemeja. Di samping itu, bagian kerah dan kancing yang berpotensi mengerut dapat diatasi dengan cara menyetrika dari dalam. Cara ini juga akan menjaga warna setrika agar tetap baik, sehingga waktu kalian tidak akan habis untuk menunggu panas yang pas saat menyetrika.

4. Mengatasi Setrika Lengket
Permasalahan yang terlalu sering dialami para maniak setrika adalah setrika lengket. Walaupun setrika listrik otomatis sekarang banyak dikeluarkan pabrik sudah dilengkapi dengan lapisan anti lengket, namun lapisan ini dapat terkikis oleh goresan-goresan benda keras.

Kalian perlu mengetahui cara agar setrika tidak lengket. Cara-cara mengatasinya beragam. Mulai dari yang tradisional hingga praktis. Namun diantara semuanya, tidak ada cara yang membutuhkan bahan sulit dan berbahaya. Ini hanya masalah kecil, namun jika dibiarkan terus menerus dapat menyita waktu kalian menyetrika karena baju tidak kunjung licin.

5. Membuat Skala Prioritas
Tips yang kelima ini sangat patut dicoba jika kalian sudah memahami tips-tips sebelumnya. Cara kali ini adalah solusi bagi kalian yang memiliki tugas setrikaan menggunung namun malas menyelesaikannya. Padahal waktu yang diberikan tidak banyak dan acara yang akan dihadiri bukan acara biasa. Untuk mengatasinya, kalian perlu membuat skala prioritas.
Bukan hanya pembisnis saja yang memiliki skala prioritas, namun juga bagi siapa saja yang sedang memiliki tumpukkan setrikaan.

·      Mulailah dengan mengatur jadwal pertemuan dalam hidup sendiri yang sekiranya membutuhkan pakaian khusus sejenis seragam. Pakaian seragam biasanya terbuat dari kain katun. Di samping itu, seragam juga didesain dengan ciri khas tertentu yang terkadang membutuhkan perawatan tersendiri. Sisihkan dulu pakaian-pakaian penting ini.

·     Buatlah kelompok baju yang kedua. Kelompok ini berisi baju-baju santai yang ringan dipakai dimana saja. Misalkan kaos oblong, gamis, mukena atau jenis kain yang lainnya. Jenis yang ini tidak terlalu menuntut kesempurnaan dalam penyetrikaan, meskipun lebih baik seperti itu.

·    Buatlah kelompok baju yang ketiga. Sebenarnya pakaian golongan ini boleh ditambahkan dan boleh tidak. Yang tergolong ke dalamnya merupakan pakaian dalam, syal, dan beberapa jenis pakaian yang tidak gampang kusut dan tidak menjadi perhatian utama orang lain.

·         Setelah kalian menggolongkan pakaian ke dalam tiga golongan di atas, mulai kerjakan dari yang paling sederhana saja. Kelompok pakaian kedua yang tidak menuntut banyak tenaga bisa menjadi alternatif pertama sekaligus pemacu kalian menyelesaikan tugas yang menumpuk.

·    Menyetrikalah dari jenis kain yang membutuhkan suhu rendah terlebih dahulu agar pemakaian listrik tidak melonjak. Atur suhu panas sesuai jenis pakaian. Biasanya pakaian golongan dua memakai suhu rendah saja agar rapi, diteruskan dengan pakaian seragam yang membutuhkan suhu tinggi karena dibuat dari katun.

·    Apabila kalian malas di tengah jalan kalian boleh istirahat sebentar dengan minum atau makan ringan. Beban kalian telah berkurang setelah kalian menyetrika beberapa potong pakaian sebelum beristirahat. Itu artinya beban tugas kalian tinggal sedikit lagi dan jika kalian segera menyelesaikannya, tugas akan berakhir.

·     Lanjutkan menyelesaikan seluruh pekerjaan dengan motivasi sendiri. Pembuatan skala prioritas ini dapat membuat kalian semakin cepat menyelesaikan pekerjaan karena memiliki target dan tujuan, begitu juga dengan motivasi diri yang terus kalian bentuk.

·        Jika pakaian golongan pertama dan kedua sudah selesai, kalian boleh mencabut kabel setrika dari terminal listrik. Sekarang kalian tinggal memilih, akan menyetrika pakaian golongan ketiga atau hanya melipat rapi saja. Apabila kalian memutuskan menyetrika, cukup dengan sisa panas dari setrika sebelumnya, kalian bisa menyelesaikan setrikaan pakaian golongan tiga.

Sudah membaca tips dan triknya, kan? Menarik bukan? Semoga bermanfaat, ya. Tidak perlu gengsi dan mudah mengeluh untuk menyetrika pakaian sendiri. Kalau hasilnya akan tampil dengan pakaian yang rapi, kenapa tidak? Kalian bisa nyaman pergi kemanapun tanpak khawatir kalian menjadi perhatian karena kondisi pakaian kalian yang kusutnya tidak tertolong.

Termasuk saat kalian pergi menjelajah bersama Titipku. Pakaian yang rapi kalian dapat memicu first impression yang baik dari para pemilik UMKM lokal nusantara yang akan kalian jelajahi. Pun saat bertemu konsumen kalian dari jasa titip melalui Titipku Jatiper.

Ayo Menjelajah!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream