5 Bisnis Kreatif Ala Mahasiswi
illustrasi/ freepik.com
Masih
berstatus sebagai mahasiswa tidak menjadi kendala bagi mereka yang ingin berwirausaha.
Disela-sela kegiatan perkuliahan, ternyata banyak mahasiswa yang mencari uang
saku tambahan. Bahkan ada yang sampai sukses berbisnis dengan brand sendiri hingga mendapatkan omset
dalam jumlah besar dan bisa membiayai kuliahnya sendiri.
Tak
hanya mahasiswa cowok yang banyak berbisnis. mahasiswa cewek pun juga banyak
yang memiliki usaha sendiri. Bisnis yang lakukan oleh mahasiswi, biasanya
memadukan antara ketelatenan dan kreativitas. Bahkan tangan-tangan terampil
mereka juga bisa menyulap dari yang tadinya hanya sekedar hobi dapat menjadi
hal yang menghasilkan uang.
Kami
merangkup bisnis-bisnis yang kebanyakan dimiliki oleh mahasiswi. Siapa tahu
kalian dapat terinspirasi dan ada peluang bisnis yang serupa di sekitar kalian.
Tak ada salahnya jika turut menyemarakkan bisnis-bisnis ini.
1. Bisnis
fashion kekinian
Perputaran
tren fashion iakhir-akhir ini terasa
begitu cepat. Banyak orang-orang kreatif menciptakan desain pakaian kekinian. Ditambah
dengan peran para selebriti dan influencer
yang “memviralkan” tren fashion, sehingga banyak diikuti oleh
masyarakat. Dengan begitu, permintaan produk
fashion yang bersangkutan pun
meningkat.
Tren
fashion ini tidak selalu berpatokan
pada merk, namun lebih kepada desain atau model pakaiannnya. Maka dari itu,
peluang bisnis bisa dijalankan dengan menjual produk-produk fashion yang modelnya sedang banyak dipakai
oleh perempuan-perempuan masa kini.
Adapun
produk-produk yang dijual antara lain kemeja perempuan, blouse, sweater, celana kulot, celana boyfreand,
jaket, sepatu, dan pakaian muslimah.
Pemasarannya
juga merambah ke platform online. Khasnya
dari bisnis anak muda jaman now adalah
menggunakan platform digital untuk
pemasarannya. Seperti media sosial, jasa endorse
dan market place. Hal ini sangat membantu untuk menjangkau dan dijangkau konsumen.
2. Bisnis
hijab
Tidak
dapat dipungkiri bahwa perkembangan hijab saat ini sangat pesat. Hijab bagi
perempuan modern masa kini turut dipadukan dengan perkembangan fashion. Hijab tidak menjadi halangan
bagi mereka yang ingin tampil trendy. Ada
pula model hijab syar’i.
Serupa
dengan tren pakaian kekinian, bisnis hijab ini juga tidak selalu berpatokan
pada merk. Meski ada beberapa brand hijab
yang terkenal, tidak menyurutkan semangat yang lain untuk berbisnis pada sektor
ini.
Ada
banyak ragam model dan bahan hijab yang bisa dijual di pasaran mengikuti selera
masyarakat. Model suatu hijab akan akan banyak dicari jika tren model hijab itu
lah yang sedang hits. Dengan begitu,
peluang bisnis pada sektor ini seolah tidak tertutup.
Pemasaran
bisnis hijab ini pun banyak yang memanfaatkan platform digital seperti media sosial facebook dan instagram, ada
juga yang membuat website sendiri.
Jasa endorse di akun-akun selebriti,
selebgram, dan influncer muslimah banyak
digunakan untuk pemasarannya.
2. Bisnis
Kosmetik dan Skincare
illustrasi/ freepik.com
Akhir-akhir
ini, kosmetik dan skincare sangat menjadi perhatian di kalangan perempuan. Bisa
dibilang, perempuan masa kini pandai-pandai bermake-up. he he. Meskipun tidak bermake-up secara menyeluruh, setidaknya bedak dan lipstick banyak
diburu oleh kaum wanita masa kini. Produknya di pasaran juga bervariasi. Ada
berbagai brand yang bisa dijadikan
pilihan sesuai dengan selera, kebutuhan, dan keadaan kantong. Tak ketinggalan
dengan produk perawatan badan dan wajah. Setidaknya kebersihan wajah terjaga
meskipun tidak suka bermake up.
Keadaan
itu dijadikan peluang untuk berbisnis yaitu dengan menjadi jasa titip, re-seller, atau berjualan secara fisik kosmetik
dan skincare. Tentu untuk memulai
bisnis ini, diperlukan partner untuk menjalankannya.
Bisnis
ini juga didukung dengan adanya pemasaran digital. Agar semakin berkembang,
pemiliknya memanfaatkan media sosial dan market
place agar bisa menjangkau konsumen secara lebih luas. Tidak hanya produk
lokal yang dijual, ada pula produk dari luar negeri. Seperti produk-produk
kosmetik dan skincare dari Korea
Selatan. Saat ini produk-produk kecantikan dari negara ginseng itu sedang hits dikalangan perempuan Indonesia.
3. MUA
(Make Up Artist)
MUA @madebydell_
Berawal
dari hobi atau kesenangan merias diri, dapat merambah menjadi bisnis. Biasanya
jasa MUA ini digunakan untuk acara-acara besar seperti promnight, wisuda, tunangan, pre-wedding, hingga pernikahan. MUA
ini pun menyediakan paket lengkap. Bagi konsume yang tidak terlalu suka memakai
make up, dapat disulap menjadi lebih
menawan dengan baluran make up flawless. No
make up looks.
Jasa
MUA banyak ditemui di media sosial instagram, karena di media sosial itu, promosi
bisnis MUA dapat diakses oleh banyak orang. Mudah dicari dan dapat menampilkan
hasil dari jasa MUA yang bersangkutan.
Kreativitas
MUA masa kini pun dapat terasah tanpa harus mengikuti kursus, lho. Internet menyediakan banyak ide tanpa
biaya mahal. Asalkan telaten, bisnis MUA ini dapat menjadi bisnis yang
menjanjikan.
5. Buket snack
Buket snack fiora.id
Oke,
bisnis ini memang tidak berkaitan dengan tren fashion dan kecantikan, sih. Tetapi bisnis ini sangat amat
membutuhkan ketelatenan dan kreativitas dalam menjalankannya. Ya, sekilas
mungkin terlihat mudah. Hanya snack yang
ditempel-tempel dan ditata mirip seperti buket bunga. bahan-bahannya pun mudah dicari. Tidak percayalah, tidak semua orang
bisa melakukannya.
Ya,
bisnis ini banyak diminati oleh masyarakat. Terutama bagi mereka yang ingin
memberikan bingkisan untuk teman yang wisuda, ulang tahun, atau selesai ujian
skripsi. Snack-snack
makanan ringan yang sudah dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah buket snack memang terlihat lebih mewah
dan artistik. Tak heran jika banyak peminatnya.
Serupa
dengan MUA, bisnis ini bisa dimulai tanpa mengikuti kursus, lho. Lagi-lagi internet menjadi platform
belajar berkreasi. Di kanal youtube banyak sekali video-video tutorial buket snack, sehingga dapat dilihat
secara gratis dan dipraktekkan bisa dipraktekkan sendiri.
Titipku membantu produk
UKM untuk dipasarkan melalui aplikasi digital. Kalian memiliki teman yang berbisnis
seperti yang telah disebutkan diatas? Bisa dibantu dengan aplikasi Titipku, lho. Caranya adalah dengan menjadi
penjelajah. Review bisnis itu di
aplikasi Titipku.
#AyoMenjelajah
Komentar
Posting Komentar