Kandungan Gizi Dalam Ikan Bandeng Presto Yang Melimpah


ikan bandeng presto/ instagram | @williamwongso


Jika kalian berjalan-jalan ke Semarang, ikan bandeng presto dapat dimasukkan kedalam daftar oleh-oleh. Meskipun makanan khas Semarang, ikan bandeng presto ini memang populer di banyak daerah, sih. Olah ikan ini banyak ditemui pasar-pasar tradisional hingga pusat perbelanjaan ternama.

Di Jogja khususnya daerah pedesaan, ikan bandeng presto dijadikan lauk utama pada saat kenduri. Ikan Bandeng Presto juga menjadi salah satu menu disajikan saat perayaan Imlek. Bagi orang Tionghoa, ikan bandeng dianggap sebagai lambang rezeki yang lebih.

Tentunya olahan makanan presto ini berbahan dasar ikan  bandeng yang banyak disukai karena dagingnya yang gurih. Ikan bandeng termasuk sebagai ikan air payau yang banyak dibudidayakan di Indonesia sehingga mudah untuk ditemui. Kendati demikian, ikan bandeng memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Ciri khas olahan ikan bandeng presto adalah tekstur daging yang empuk dan tulangnya yang lunak. Kenapa bisa begitu?  Ikan bandeng diolah dengan cara presto menggunakan uap air bertekanan tinggi. Hal ini juga membuat kandungan gizi yang ada dalam ikan bandeng dapat dikonsumsi secara lengkap (daging+tulang) dan mudah dicerna oleh semua kalangan. Kecuali bagi yang tidak suka atau alergi, ding.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, ikan bandeng presto memiliki kandungan protein tang sangat tinggi. Pengolahannya dengan cara dipresto dapat melunakkan tulang dan sisik yang ternyata mengandung banyak kalsium. Nah, semua bagian ikan ini dapat dimakan kecuali isi perut dan insang yang sudah dibuang sebelumnya. Kalsium dapat menunjang fungsi tulang dan gigi, sehingga memakan bandeng presto dapat menyumbang kalsium bagi tubuh.

Rata-rata protein yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 50 gram dalam sehari. Setiap 100 gram bandeng presto memiliki kandungan protein sebesar 20 gram, sehingga dapat mencukup kebutuhan protein tubuh dalam sehari.

Manfaat populer lain dari ikan bandeng presto adalah olahan ini baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Karenan mengandung protein yang tinggi, bandeng presti baik untuk ibu hamil dan janin untuk pembentukan tulang serta kecerdasan otak. Sedangkan kandungan asam lemak tidak jenuh, baik untuk perumbuhan sistem otak, saraf, kecerdasan janin, dan mencegah depresi pada ibu hamil.

Bagaimana bisa mencegah depresi? Ternyata dalam ikan bandeng juga terkandung kaliam yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya kaliaum dapat meredakan kecemasan, depresi dan gejala-gejala terkait. Dilansir dari lama tempo.co, orang kekurangan kalium berisiko mengalami gangguan mood. Kalium membantu aintidepresan neurotransmitter dalam mengatur serotonin. Kekurangan kaliaum sedikit saja dapat menyebabkan perasaan cemas dan gelisah ringan hingga berat.  Kandungan kalium juga membantu mengatur irama jantung.  

Selain itu, dalam setiap 100 gram bandeng presto memiliki kandungan lemak baik sebesar 20, 3 gram. Serta turunan asam lemak omega 3 seperti EPA, ERA, dan DHA. Asam lemak ini dapat meningkatkan kecerdasan otak. Sedangkan kandungan DHA dan ERA dapat mencegah serangan jantung koroner dan menurunkan kadar kolesterol.

Kolesterol terbagi menjadi dua, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Tubuh membutuhkan asupan kolesterol baik. Berbeda dengan kolesterol jahat yang harus dicegah. Jika dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi penyakit serius seperti jantung dan stroke. Kandungan asam lemak adalam ikan bandeng lah yang dapat menekan kadar kolesterol jahat supaya tidak melebihi kadar kolesterol baik.

Kemudian ikan bandeng presto juga mengandung vitamin A, B, dan C yang penting untuk menjaga fungsi penglihatan dan kekebalan tubuh.

Untuk mengonsumsi ikan bandeng presto pun sangat mudah. Hanya dengan cara dikukus atau digoreng sebentar. Olahan ini dapat menjadi menu lauk yang terlihat sederhana, tetapi memiliki segudang manfaat.

Ada banyak sekali kandungan gizi dalam ikan bandeng presto terutama bagi tubuh. Kalian yang gemar mengonsumsinya, patut untuk berbangga diri. Ada yang belum pernah makan bandeng presto dan ingin mencoba?

Yuk, belanja lewat Titipku.

Aplikasi yang menjaring UMKM-UMKM lokal ini siap membantumu! Ikan bandeng presto biasanya dijual di pasar-pasar tradisional, tak dapat dipungkiri jika banyak industri kecil-menengah juga memproduksi bandeng presto. Mengingat permintaan pasar akan produk ini cukup banyak. Nah, bisa banget tuh memakai Jatiper Titipku.

            Bagi kalian yang tahu UKM yang menjual bandeng presto dan belum masuk di aplikasi Titipku, ulaslah! Lalu unggah ulasan kalian di aplikasi Titipku. Dengan begitu, tempat usaha yang kalian review itu mendapat kesempatan untuk masuk di ranah pemasaran digital, lho.
Ayo menjelajah!


Sumber artikel:
cnnindonesia.com
kompas.com
tempo.co
detik.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan