Terigu vs Tapioka, Ini Bedanya


freepik.com

Ada berbagai macam tepung yang sering digunakan masyarakat sebagai bahan aneka makanan. Tentu juga tidak semua tepung dapat digunakan untuk membuat makanan yang sama. Fungsi dan manfaat dari tepung juga bermacam-macam. Ada yang digunakan sebagai bahan utama, ada juga yang hanya digunakan sebagai penambah masakan saja. Oleh karena itu, perlu dipahami dengan teliti supaya tidak salah pilih supaya hasil masakan tidak berantakan.

Kali ini, kami membagikan tentang perbedaan tepung terigu dengan tepung kanji (tapioka). Kedua tepung ini termasuk jenis tepung yang populer di masyarakat. Bagi yang suka masak dan sering manjamah dapur, pasti tahu perbedaannya. Bagi yang belum tahu, simak selengkapnya berikut ini. Khususnya bagi kalian yang ingin membuat kue tetapi masih bingung mau memakai tepung yang mana. Yuk, cus...

Tepung Terigu

freepik.com

Tepung terigu berasal dari biji gandum yang yang telah digilingkan secara halus sehingga   serbuk atau butiran halus berwarna putih.

FYI, kata”terigu” diambil dari bahasa Portugis yang “trigo” yang berarti “gandum”. Tetapi ada sedikit perbedaan dengan tepung gandum utuh. Tepung terigu memiliki tekstur lebih lembut dan berwarna putih.  Sedangkan tepung gandum utuh memiliki tekstur yang cenderung lebih kasar dan berwarna cokelat.

Tepung terigu merupakan bahan pangan yang populer. Terutama sebagai bahan makanan seperti roti, mie, pasta dan kue-kue.

Ada tiga jenis tepung terigu berdasarkan kandungan protein di dalamnya. Ketiganya rupanya juga memiliki kelebihan dan fungsi masing-masing. Semakin tinggi kandungan proteinnya, semakin tinggi pula kadar kekenyalannya.
  • Tepung terigu protein rendah

Tepung ini hanya mengandung protein sekitar 8-11persen. Jenis tepung ini daya serap airnya sangat rendah sehingga sulit untuk dibuat adonan, tidak elastis dan susah untuk mengembang. Namun tepung ini juga bisa digunakan untuk membuat kue kering atau biskuit, dan gorengan yang memerlukan tekstur yang renyah
  • Tepung terigu protein sedang

Kandungan proteinnya sekitar 11-12 persen. Nah tepung terigu jenis ini yang sering disebut sebagai tepung terigu serba guna. Banyak makanan yang terbuat dengan bahan baku tepung ini.Tepung ini biasanya digunakan sebagai bahan aneka kue, gorengan, dan cookies. Serta bahan fermentasi seperti donat, onde-onde, bakpao, dan sebagainya. Dikutip dari detik.com, tepung terigu protein sedang adalah jenis tepung yang terbaik untuk membuat anekakue kering.
-        
  •           Tepung terigu protein tinggi

   Tepung terigu protein tinggi memiliki tekstur yang lebih elastis dan sangat mudah mengembang saat dijadikan adonan. Kandungan proteinnya sekitar 13-14 persen. Daya serap terhadap cairan cukup tinggi. Oleh karena itu, tepung ini biasanya digunakan sebagai bahan roti dan aneka mie.

Tepung Tapioka

freepik.com

            Tepung Tapioka atau kanji terbuat dari singkong. Lebih tepatnya dari hasil pengeringan pati singkong. Dilansir dari laman kompasiana, memiliki istilah Inggris yaitu cassava flour atau tapioca starch. Sementara istilah latinnya yaitu manihot Utilissima.

Tepung tapioka memiliki tekstur licin dan berwarna putih bersih. Sifatnya juga tidak bisa menyatu jika dicampur dengan air yang bersuhu normal. Maka untuk mengolahnya, tepung tapioka harus dicampur dengan air bersuhu diatas normal. Nah, cara ini yang menjadi kunci suksesnya pengolahan tepung tapioka menjadi aneka makanan. 

            Penggunaan tepung tapioka cukup vital diberbagai makanan baik di skala kecil maupun skala industri. Bahkan makanan yang berbahan dasar tepung tapioka kebanyakan adalah makanan khas Nusantara dan menjadi kesukaan banyak kalangan.

Makanan yang berbahan dasar tepung ini antara lain cilok, cireng, cimol, cendol, cenil, siomay, bakso. Tepung tapioka juga biasa digunakan sebagai penambah masakan untuk menambah kekenayalan makanan. Tepung ini juga bebas dari gluten, karena masuk ke dalam kategori “pati”.

            Dinukil dri resepkoki.id, tepung tapioka memiliki banyak kesamaan dengan tepung sagu. Dari tekstur dan warnanya sangat mirip. Oleh karena itu, tepung tapioka sering digunakan sebagai pengganti tepung sagu. Namun ada beberapa olahan makanan yang memiliki hasil terbaik jika menggunakan tepung sagu seperti pempek.

Tepung tapioka juga bisa digunakan sebagai pengganti tepung maizena sebagai pengental masakan. Dikutip dari salah satu laman fimela.com, aranya hanya cukup dicampur dengan air. Namun tidak dianjurkan terlalu banyak, karena akan terlalu liat dan lengket.

Oh, iya satu lagi. Tepung tapioka atau kanji juga biasa digunakan sebagai pengganti sarung tangan para pemain lomba tarik tambang. Dengan tepung ini, setidaknya bisa mencegah telapak tangan para pemain agar tidak lecet atau mengelupas saat menarik tali tambang yang kasar.

Ayo belanja di Titipku. Belanja tepung pun bukan hal yang aneh. Tentukan tepung yang kalian butuhkan, belanjanya bisa di toko-toko yang sudah terjaring oleh Titipku. Dengan begitu, kalian juga bisa bebas memilih toko yang ada di aplikasi Titipku. Atau sekedar ingin men-nyetok ­persediaan tepung  di rumah, tapi tidak punya waktu untuk belanja. Sangat bisa belanja lewat jatiper di Titipku.

Selamat berbelanja!






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan