Begini Cara Mencuci Helm Full Face Sampai Bersih


Hasil gambar untuk helmet full face landscape
thebikeshed.cc

Bagi pengendara sepeda motor, helm adalah salah satu perlengkapan keamanan yang wajib dimiliki. Helm menjadi aset yang penting. Selain melindungi kepala, helm juga berfungsi untuk menahan sengatan sinar matahari dan melindungi mata dari dari debu yang berterbangan. Merk helm yang beredar ada banyak sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan.

Umumnya helm memiliki kaca plastik di bagian depan yang bisa dinaik-turunkan. Ada pula bentuk helm full face yang sering digunakan oleh pengendara motor berkopling atau sering disebut sebagai motor laki-laki.

Agar helm full face tetap bersih dan tidak luntur warnanya, sangat penting untuk merawatnya. Cara perawatan bisa dilakukan di rumah. Luangkan sejenak waktumu untuk membersihkan helm full face andalanmu. Helm yang lama tidak dibersihkan, pasti akan apek, berbau tidak sedap dan kotoran yang lama menempel akan lebih sulit untuk dibersihkan. Berikut kami bagikan cara-cara mencuci helm full face.

Siapkan peralatan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan peralatan yang akan digunakan, yaitu helm full face, ember, air hangat secukupnya, sabun, dan lap mikrofiber. Ada sabun yang khusus untuk helm, tetapi harganya cukup mahal. Kamu bisa menggantinya dengan sabun atau shampo bayi.

Jika kamu tidak punya lap mikrofiber, kamu bisa menggunakan lap dari kain tipis atau bisa juga lap kanebo yang sering digunakan untuk mencuci motor.

Buka comfort line

Comfort line pada beberapa helm bisa dileas. Bagian ini yang membuat kepala terasa nyaman selama berkendara, atau biasa disebut dengan padding. Tapi ada juga beberapa helm yang tidak bisa dilepas pada bagian ini, sehingga kamu harus hati-hati selama mencucinya.

Buka comfort line atau busa sau per satu. Kemudian cuci busa helm tersebut dengan hati-hati agar tidak rusak.

Jika comfort line helmmu tidak bisa dibuka, cukup basahi busa dalam helm dengan air dan oleskan sabun atau shampo secara merata. Kemudian sikat menggunakan sikat gigi basah dengan lembut sampai semua noda terangkat. Bilas menggunakan air bersih hingga sisa-sisa sabun menghilang. Tiriskan sekitar 10-15 menit supaya air turun. Kamu bisa menggunakan bantuan alat vacuum wet and dry.

Semprotkan softener ke dalam helm secukupnya jika ingin wangi.

Masukkan comfort line ke dalam air hangat

Masukkan busa ke dalam air hangat yang sudah disiapkan sebelumnya. Saat mencucinya, kamu bisa menggunakan shampo bayi. Ada banyak merk shampo bayi di pasaran yang bisa kamu pilih. Cussons Baby, misalnya.

Rendam comfort line ke dalam air hangat yang telah dicampur shampo sekitar 15-30 menit. Kalau comfort line tidak bisa dilepas dan kamu tidak ingin menyikatnya, kamu bisa seklian merendamnya bersama batok helmnya.

Shampo bayi disarankan karena kandungan didalamnya aman untuk kulit. Tapi kamu juga bisa menggunakan shampo lain yang biasa kamu pakai setiap harinya.

Cuci batok helm

Setelah selesai mencuci dan membersihkan comfort line, kamu harus mulai mencuci bagoan batok helmnya. Bagian itu disebut juga dengan outer shell. Caranya, basahi kain mikrofiber dengan air hangat, kemudian gosokkan pada batok helm.

Gosok perlahan, jangan sampai brutal saking semangatnya. Kamu harus memastikan semua noda terangkat. Terakhir, kamu tinggal mengeringkannya berbarengan dengan comfort line yang sudah kamu cuci. Agar lebih manteb keringnya, jemur helm di bawah sinar matahari dengan bagian dalam menghadap ke atas.

Mudah kan, caranya? Sebagai pengendara motor untuk aktivitas sehari-hari, wajib hukumnya untuk menjaga kebersihan helm. Kamu pun bisa lebih percaya diri selama berkendara tanpa merasa dipandang sebelah mata, hanya karena helm full facemu yang penuh debu. Helm yang teratur dirawat juga akan lebih tahan lama.

Helm juga sebagai perlengkapan keamanan saat bersepeda motor. Jangan sampai kelupaan. Gunakan helm karena keamanan, bukan karena menghindari tilangan polisi lalu lintas. Sekalipun kamu hanya berkendara untuk menjelajahi UMKM yang akan kamu ulas dengan aplikasi Titipku.

Ayo Menjelajah!

Titipku masih giat untuk mengajak kamu, milenial, untuk berkontribusi dalam membantu UMKM lokal merambah pemasaran digital. Produk UMKM ada beragam dan bahkan bisa punya banyak manfaat. Bagikan pengalamanmu dengan produk-produk UMKM melalui aplikasi Titipku. UMKM Indonesia layak untuk semakin naik kelas!

Artikel ini dilansir dari laman setrika.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan