Intip Proses Pembuatan Sale Pisang, Ternyata Tidak Dipanggang


sale pisang kering/ my.carousell.com

Pisang merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Belum lagi dengan jenis pisang yang juga beraneka ragam. Bahkan ada sejumlah jenis pisang yang khas di daerah tertentu.

Melimpahnya buah pisang pun membuat masyarakat Indonesia tidak kehabisan akal untuk mengolahnya menjadi aneka makanan yang lezat. Aneka olahan makanan berbahan pisang sekaligus bisa meningkakan nilau jual pisang itu sendiri.

Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat bagian selatan seperti Banjarnegara, Cilacap, Sukabumi hingga Ciamis, terkenal olahan pisang bernama sale. Yep, sale pisang dengan bentuk pipih panjang dan berwarna cokelat. Jenis pisang yang dipakai biasanya adalah pisang raja, tanduk, nangka dan kapas yang terkenal dengan rasa manisnya yang kuat.

Aroma pisang pada sale sangat kuat dan khas. Warna, rasa, aroma, kekenyalan dan ketahanan simpan menjadi penentu kualitas sale, lho. Sale pisang asli tanpa tambahan gula memiliki sensari rasa asam yang berasal dari buah pisang yang telah matang secara alami.

Hal-hal yang mempengaruhi kualitas sale juga harus diperhatikan seperti cara pengolahan, pengepakan, dan penyimpanan sale itu sendiri. Makanan atau lebih tepat disebut jajanan ini, merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengasapan dan pengeringan.

Satu proses penting yang harus dilewati pada pembuatan sale pisang yaitu pengasapan. Proses ini bertujuan untuk memucatkan pisang supaya berubah menjadi warna yang dikehendaki dan mematikan mikroba (bakteri dan jamur). Pengasapan bisa menggunakan asap kayu biasa, asap belerang, atau natirum bisulfit.

Berhubung sekarang sedang musim hujan, ternyata menjadi waktu yang kurang tepat untuk mendapatkan sale pisang berkualitas baik. Dikarenakan pengeringnya harus menggunakan pengering buatan yang hasilnya tidak semaksimal pengering alami (sinar matahari). Proses penjemuran membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari hingga kadar air pada pisang serendah mungkin.

proses pengeringan sale pisang/ chanelbanten.com

Sale pisang ada dua macam, basah dan kering. Sale pisang basah memiliki rasa manis yang lebih legit. Sedangkan sale pisang kering, memiliki rasa manis bertekstur renyah karena telah digoreng kering dengan balutan tepung.

Sale pisang sangat cocok dijadikan cemilan di sore hari untuk menemani minum teh maupun kopi. Buat kamu yang sedang mengerjakan tugas kuliah, menonton drama korea di laptop, atau menonton TV santai bersama keluarga, sale pisang cocok banget dijadikan cemilan.

Tak harus langsung ke daerah asalnya, pemasaran sale pisang sudah cukup luas. Jika tempat tinggalmu cukup jauh dari toko yang menjual sale pisang, kamu bisa titip melalui aplikasi Titipku. Bahkan ada kreasi sale pisang yang sudah menjadi mitra Titipku, lho. Sale lumpia namanya. Pasti kamu penasaran dengan rasanya. Hanya di Titipku kamu bisa titip beli Sale Lumpia milik Bu Nidah ini. 


Ayo belanja di Titipku! Temukan aneka olahan pisang lainnya yang tak kalah mantab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream