Cara Merawat Jaket Denim yang Tepat


Hasil gambar untuk Dilan

Semenjak tokoh Dilan populer di kalangan pemuda milenial, semakin populer pula segala atribut yang melekat pada Dilan. Mulai dari gaya bicara, gombalan, pola pikirnya untuk mengejar gadis pujaan hati, sampai pakainnya. Dilan sangat lekat dengan jaket denimnya. Dilan seolah menjadi tokoh terkenal nan favorit anak muda. Sehingga banyak anak muda yang suka dengan jaket denim. Tak heran jika gaya busana kekinian, jaket denim masuk ke dalamnya.

Jaket denim sebetulnya sudah familiar di Indonesia. Hanya saja, tren fashion yang terus bergulir membuat popularitas jaket denim juga berputar. Kini banyak anak muda yang memakai jaket ini. Pemakaian jaket ini kemungkinan besar juga bisa meningkatkan kepercayaan diri jika dibandingkan saat memakai jaket model lain.
Jaket ini bisa memberikan kesan yang lebih santai.

Ketika kamu memutuskan untuk memiliki jaket denim, tentunya kamu juga harus tahu bagaimana cara merawatnya. Mencuci salah satunya. Meski ada jasa laundri, ada kalanya kamu bisa mencuci sendiri. Langkahnya cukup mudah, kok.

Berikut penjelasan mengenai cara mencuci jaket denim yang tepat supaya kualiatas dan warnanyatidak luntur.

Pertama, siapkan air secukupnya, ember, sabun dan mungkin juga pewangi. Kemudian  masukkan sabun deterjen ke dalam ember yang sudah diisi air. Kamu bisa memilih untuk menggunakan deterjen bubun atau cair, tergantung selera dan kebutuhanmu.

Aduk secara perlahan sampai air dalam ember mengeluarkan busa. Ingat, jangan campur deterjen saat jaket denim sudah kamu masukkan ke dalam air. Terutama jika kamu menggunakan seterjen bubuk, karena bisa membuat butirannya terselip pada sela-sela denim.

Jika air sudah cukup berbusa, masukkan jaket denim ke dalamnya. Rendam jaket kurang lebih selama 20 sampai 30 menit.

Setelah direndam, angkat jaket dan mulailah untuk menguceknya menggunakan tangan atau bisa langsung dimasukkan ke dalam mesin cuci dengan mode delicate atau handwash agar kualitas denim terjaga. Tapi jika ada noda pada jaket denim, disarankan untuk menguceknya dengan menggunakan tangan saja. Jika menggunakan mesin cuci, kemungkinan noda itu tidak bisa hilang.

Setelah dikucek dan noda sudah dipastikan hilang, bilaslah sampai bersih. Pastikan semua bagian sudah dibilas agar tidak ada busa dan kotoran yang masih menempel.

Terakhir, jemur jaket denimmu. Tidak disarankan untuk menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Hal ini bisa merusak warna dan membuat kain denim pada jaket terasa lebih kusam dan kaku. Bahkan, warna yang ada pada jaket denim bisa pudah, padahal kamu belum lama membelinya. Sebaiknya juga, jemur secara terbalik menggunakan hanger atau gantungan baju. Pastikan jaket denimmu sudah benar-benar kering jika ingin mengangkatnya. Jaket denim yang belum kering sempurna akan mengundang jamur lebih cepat dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Setelah kamu memahami tentang cara mencuci jaket denim dengan tepat, kamu bisa menyetrikanya. Tentu ada hal yang harus diperhatikan untuk melakukannya agar jaket denim tidak mengkerut dan tetap lembut.

Sesuaikan suhu panas pada setrika dengan jenis kain jaket denim. Atur suhu panasnya pada skala mediaum, jika terlalu panas dikhawatirkan bisa memudarkan warna dan merusak kualitas kain jaket denim yang kamu miliki.

Setrika secara merata, pastikan tidak ada bagian yang terlewat.

Kamu perlu memperhatikan suhu setrikamu. Jika telalu panas, kamu harus langsung menurunkannya. Suhu setrika yang terlalu panas bisa membuat serat-serat pada bahan denim menyusut.

Jika sudah selesai disetrika, disarankan untuk tidak melipatnya. Lebih baik kamu menggantungnya, meski sebetulnya tidak terlalu masalah jika kamu melipatnya. Asalkan tidak kamu tumpuk dengan pakaian yang lain.

Demikian tips merawat jaket denim dari mencuci hingga menyetrika. Jangan sampai terlewat, ya. Penting untuk melakukan langkah yang tepat agar kualitas jaket denim kesanganmu tidak memudar. Jaket denim juga akan lebih tahan lama jika dirawat dengan tepat.

Ayo menjelajah!

Seperti Dilan yang gigih memperjuangkan Milea, kamu pun bisa gigih menjelajah UMKM sekitarmu dengan jaket denim andalan bersama aplikasi Titipku. Akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi kamu anak muda berjaket denim namun juga berjiwa sosial. Manfaatkan ponsel pintarmu sebagai sarana menjadi penjelajah UMKM. Kamu bisa menemukan UMKM yang memiliki produk tak terduga. Bisa jadi ada industri rumahan yang fokus memproduksi jaket denim berkualitas tapi belum banyak dikenal.

Temukan UMKM dan ulas mereka. Bagikan ulasanmu pada aplikasi Titipku. Tindakanmu ini, menjadi kontribusimu dalam membantu UMKM merambah pemasaran digital. Ayo, jadikan produk UMKM semakin naik kelas!

Dirangkum dari laman setrika.co.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan