Serai Bisa Diminum dan Punya Banyak Manfaat


gardenofeaden.blogspot.co.uk

Serai atau sereh sering dijadikan sebagai bumbu masaka seperti bumbu rendang, kuah tahu guling, dan sebagainya. Rasanya memang khas dan mneyegarkan. Sehingga serai ternyata juga digunakan sebagai minuman herbal. Teh serai atau air rubusan serai digunakan sebagai obat herbal Ayurvedic di India.

Cara membuat teh serai sangat mudah. Cukup siapkan serai seperlunya. Iris-iris serai atau dibiaskan utuh saja. Masukkan ke dalam panci yang telah berisi air. Kemudian panaskan sampai mendidih. Jika sudah mendidih, diamkan selama 10-15 menit agar meresap. Air seduhan serai ini bebas dari tanin dan kafein.

Untuk manfaat dari luar, minyak serai yang dioleskan pada kulit dipercaya bisa meredakan gatal-gatal dan menghindari gigitan nyamuk. Selain itu, serai juga bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman, lho. Ada banyak khasiat dari teh serai yang mungkin tidak diduga sebelumnya. Lebih detailnya lagi, ini dia manfaat meminum teh serai.

Mengandung antioksidan

Teh serai adalah detoksifikasi, sehingga bisa menggilangkan racun tubuh. Kandungan antioksidan mampu dalam serai bisa menghilangkan retensi cairan yang berimbas pada hilangnya racun tubuh.

Baik untuk pencernaan

Serai dipercaya bisa menenangkan perut dan menjaga fungsi pencernaan agar tetap terkendali. Serai mengandung komponen citral yang bisa mencerna makanan. Makanya, teh serai sering digunakan sebaai obat kuno untuk semua masalah perut, terutama pengobatan Cina, seperti sembelit, diare dan kembung.

Serai juga membantu melindungi sistem pencernaan dengan cara membunuh bakteri paogen yang masuk dalam sistem pencernaan.

Mengontrol Hipertensi

Serai mengandung banyak kalium, sehingga bisa meningkatkan produksi urin. Sifat deuritik pada serai bisa membantu membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urin. Kemudian akan merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Kelebihan kadar garam tubuh memang merupakan salah satu pemicu tekanan hipertensi.

Sirkulasi darah yang meningkat juga dapat memurnikan hati. Selain itu, serai juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Jika rutin mengonsumsi teh serai, tekanan darah akan menurun seiring dengan menurunnya kadar garam dalam tubuh.

Membakar Lemak

Teh serai menjadi pilihan yang bagus dalam rangka menurunkan berat badan. Karena bisa meningkatkan metabolisme yang bisa mempercepat pencernaan. Serai membakar lebih banyak kalori. Dikutip dari jawapos.com, serai mengandung polifenol, sehingga bisa meningkatkan penggunaan energi. Dengan begitu, oksidasi asam lemak dalam tubuh juga meningkat.

Namun, tidak disarankan untuk menjadikan teh serai sebagai stau-satunya penurun berat badan. Serai memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Menyembuhkan demam dan flu

Serai bersifat antibakteri dan antijamur sehingga bisa membantu mengatasi batuk, pilek, dan flu. Bahkan bisa menyembuhkan demam. Serai juga mengandung vitamin C yang menguatkan kekebalan tubuh.

Caranya mudah dan bisa kamu pilih sebagai ramuan pendamping untuk pengobatan demam atau flu. Rebus beberapa batang serai dengan sejumput kunyit, beberapa cengkeh, dan daun teh. Ramuan ini sederhana, tapi efektif untuk memecah lendir dan pembentukan dahak akibat hidung tersumbat. Serai juga bisa dicampur dengan kapulaga dan daun tulsi untuk meredakan flu.

Meredakan nyeri haid

Nyeri saat haid adalah momok bagi banyak perempuan. Sakitnya bahkan tak tertahankan dan sangat membatasi aktivitas. Serai memiliki efek yang menenangkan atau efek analgesik. Cobalah untuk membuat ramuan teh herbal untuk mengatasi nyeri saat haid.

Manfaat serai ternyata ada banyak. Namun perlu diperhatikan lebih lanjut untuk beberapa hal. Serai dikenal bisa menurunkan kadar gula darah, tetapi penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter ketika ingin mengonsumsinya. Begitu pula dengan ibu hamil atau menyusui. Disarankan untuk menghindari serai karena cara kerja senyawa kimia tertentu yang ada di dalamnya.

Serai mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Bahkan bisa ditanam sendiri di rumah. Praktisnya, serai sering ada di pasar-pasar, warung atau swalayan. Kalau kamu ada ingin yang lebih praktis lagi, bisa dicari minuman serai yang sudah instan. Tinggal direbus atau diseduh. Titipku telah bermitra dengan UMKM yang memproduksi minuman herbal yaitu Susme. Salah satunya adalah Wedang Sereh Susme. Produk Susme milik Ibu Susmiyati ini dijamin keherbalannya tanpa pengawet dan pemanit buatan.

Ayo belanja di aplikasi Titipku!

Dikutip dari jawapos.com, doktersehat.com, dan aladokter.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan