Tip-Tip Menyetrika Jersey Kebanggan


 Happy football player celebrating Free Photo
freepik.com

Salah satu pekerjaan rumah yang menyenangkan di pagi hari adalah cuci baju. Setiap baju yang hendak dicuci pasti juga memiliki model dan jenis bahan yang berbeda-beda. Sehingga seringkali harus diperlakukan berbeda.

Bagi Kamu yang pecinta sepak bola, jersey menjadi pakaian yang sangat berarti sekaligus bergensing. Kamu rela merogoh kocek agak dalam untuk keperluan atribut grup sepak bola kesayanganmu.

Baju jersey keluaran asli atau jersey grade ori (GO) dibuat dari beberapa bahan campuran berkualitas, sehingga membutuhkan perawatan khusus. Akan menjadi nilai plus jika jersey yang kamu gunakan terlihat menarik ditengah-tengah riuhnya pertandingan bola di stadion. Kepercayaan diri pun meningkat.

Harga jersey asli di Indonesia tidak ada yang merakyat. Tak heran jika butuh beberapa waktu untuk menabung agar bisa membeli jersey merk keluaran berkelas. Maka dari iru, kamu perlu merawat jerseymu yang berharga. Mengingat harganya bisa setara dengan harga jas eksklusif.

Menyetrika jersey menjadi satu kunci menjaga kualitas jersey ori. Semakin sering jersey disetrika, akan semakin berkelas. Bond printed nameset yang ada pada jersey akan melekat semakin kuat setelah disetrika. Nameset akan semakin terkesan melekat pada permukaan jersey jika intensitas menyetrika yang tinggi.

Cara menyetrika jersey memang tidak bisa sembarangan. Hal ini untuk menjaga kualitas warna jersey. Apa kamu rela jika warna jerseymu pudar? Padahal warna pada jersey dipakai ebagai warna kebanggaan sebuah grup sepakbola. Mengingat setiap grup sepakbola memiliki warna standar pada seragam yang digunakan saat bertanding. Belum lagi sablon jersey yang malah meleleh karena cara menyetrika yang salah.

Cobalah mempraktekkan cara menyetrika jersey yang tepat berikut ini.

Siapkan Perlatan

Kamu harus memastikan semua persiapan untuk menyetrika sesuai dengan standar. Dari papan setrika yang datar dan tidak bergelombang supaya penyetrikaan bisa maksimal. Papan setrika pun tidak boleh menimbulkan banyak goyangan.

Menyetel Panas

Hal selanjutnya jika semua perlatan sudah siap adalah menyetel suhu panas pada setrika. Jenis setrika yang digunakan untuk jersey, bisa menggunakan setrika listrik otomatis yang skala rumah tangga. Bahan jersey membutuhkan panas dengan suhu sedang.

Suhu yang terlalu panas dapat mempercepat kerusakan kain jersey dan beberapa sablon yang ada pada kainnya. Sedangkan suhu yang terlalu rendah, akan menyulitkan kamu dalam menyetrika jersey.

Membalik jersey

Langkah ini menjadi titik utama perhatian sekaligus kunci saat menyetrika jersey. Sebelum mulai menyetrika dan setrika sudah berada pada tingkat panas yang pas, kamu harus membalik jersey. Hal ini dilakukan untuk menghindari lunturnya sablon logo, sponsor dan sebagainya yang selalu ada pada jersey.

Banyak jersey yang logonyaterbuat dari bahan polyuthrene atau plastik material. Jika kamu menyetrika tanpa membalik jersey, maka bahan-bahan tersebut bisalumer tiba-tiba. Jersey yang kamu beli dari hasil menabung berbulan-bulan, malah berubah menjadi pakaian yang tidak menarik dan mengesalkan hati.

Saat kamu menyetrika jersey bagian dalam, suhu panas setrika tetap bisa terpancar. Suhu ini tang akan menghilangkan lipatan kusut pada jersey, tapi hasilnya akan tetap membuat jerseymu bagus dan layak pakai. Jika English Premiere League (EPL) jerseymu terbuat dari velvet dan sejenisnya, setrikalah pada bagian bawahnya. Jangan sampai setrika bersinggungan langsung dengan bagian sablon.

Selain mengindari luntur dan hal lainnya, menyetrika jersey dari dalam bisa memperkuat lem sablon pada nameset dan EPL. Selain itu, menyetrika jersey dari dalam tidak akan meninggalkan noda berwarna kuning pada jersey.

Gunakan Kain

Cara ini menjadi alternatif lain jika kamu tidak mau repot membalikkan jersey. Tapi memerlukan media tambahan seperti kain tipis atau kertas. Inti dari permasalahan jersey adalah pada bagina sablon. Solusi apapun dilakukan sebagai tabir agar panas setrika tidak langsung menyentuh sablon jersey.

Taruh kain tipis diatas jerseymu sebagai menghalang panas. Kemudian kamu bisa mulai menyetrikanya. Panas bisa tetap terhantar dan sablon pun aman.

Washing Tags

Washing tags pada jersey juga harus dihindari. Kamu kamu nekat menyetrika pada bagian ini, maka warna jerseymu bisa memudar berlahan. Tentu ini sangat merugikan jika jerseymu asli.

Memakai Buku

Terdengar aneh. Tapi cara ini ampuh untuk membantu proses menyetrika sablon pada jersey. Kamu bisa memasukkan buku ke dalam jersey sebagai tatakan agar permukaan sablon tidak bergelombang. Jika kamu menerapkan kiat ini, kamu tidak perlu menggeser permukaan setrika atau menggosokkannya. Kamu hanya perlu menekan sablonan yang telah dialasi dengan buku dari dalam.

Begitulah tip-tip menyetrika jersey supaya jersey kesayanganmu tetap berkualitas dan enak dipandang. Dengan begitu kamu bisa terus percaya diri ketika mengenakannya kemanapun. Bahkan jika sedang tidak menonton pertandingan sepak bola sekali pun. Mungkin bisa dicoba menjelajah UMKM dengan Titipku mengenakan jersey. Pasti asyik, tuh. Terlihat unik dan lebih bersemangat.

Titipku merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu UMKM merambah pemasaran digital. Aplikasi ini cocok untuk kamu dengan semangat jiwa muda yang ingin turut memajukan UMKM-UMKM Indonesia.

 Ayo Menjelajah!

Dilansir dari lama setrika.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan