6 Alasan Kenapa Pria Juga Wajib Skincare-an




Perawatan kulit atau skincare selalu lekat dengan perempuan. Ya, mengingat mayoritas penggunanya merupakan perempuan. Mereka pula yang selalu update dengan perkembangan tren skincare saat ini.

Lantas bagaiman dengan pria yang melakukan perawatan kulit, terutama wajah?

Pria juga ingin kulitnya terlihat sehat dan tidak kusam. Dikutip dari kompas.com, banyak pria yang enggan melakukan perawatan wajah karena faktor budaya. Para pria yang merawat wajah dianggap sebagai pesolek.

Kebanyakan pria juga masih banyak yang menganggap bahwa kegiatan ‘nyalon’ tidak sesuai degan karakter pria maskulin. Padahal perawatan wajah merupakan bagian dari upaya menjaga kesehatan kulit. Perawatan kulit sebenarnya juga tidak ada hubungannya dengan sisi feminim atau maskulin seseorang.

Tujuan melakukan perawatan dengan produk skincare tentunya supaya penampilan tetap terjaga serta mengatasi berbagai permasalahan kulit yang ada. Permasalahan kulit yang sering dialami perempuan juga bisa terjadi pada pria.

Dibandingkan perempuan, pria lebih kerap berkegiatan di luar ruanga. Apalagi jenis kulit pria pun lebih rentan menimbun komedo di dalam pori-pori kulit, serta mengeluarkan lebih banyak minyak dibandingkan perempuan.

Kulit pria memiliki banyak folikel rambut, kolagen, dan produksi sebum yang sangat aktif. Tidak heran jika sebenarnya pria lebih rentan mengalami masalah kulit terutama pada wajah.

Lebih lanjutnya, mari simak alasan mengapa pria juga harus melakukan perawatan kulit.

1. Pria Jarang Merawat Wajah

Pada konteks ini, benar adanya jika pria cenderung lebih cuek dalam hal merawat wajah. Mereka merasa tidak memerlukan perawatan kulit.  Karenaini, pria berisiko mengalami melanoma hinggga lebih dari 50 persen. Pria yang beraktivitas di luar, wajahnya mudah sekali terkena bakteri dan polusi. Mencuci dengan air biasa, tidak lah cukup.

Kebiasaan juga bisa meningkatkan peluang mengalami kanker. Pria yang merokok cenderung mudah mengalami melanoma dan gangguan lain. Makanya, pria pun disarankan untuk merawat kulit setiap hari.

Tidak harus seperti perempuan, misalnya ke salon. Perawatan wajah pria cukup dilakukan dengan menggunakan produk sehari-hari yang aman. Para pria juga wajib membersihkan wajah setelah bekerja dan saat akan istirahat.

2. Mencegah kerusakan kulit

Kerusakan kulit akibat radikal bebas atau kondisi hormonal dapat dicegah dengan menggunakan produk perawatan kulit. Salah satu yang sering dialami adalah jerawat. Kulit akan sering meleph, robek, dan akan muncul bekas hitam yang sulit dihilangkan.

Membersihkan kult secara teratur bisa membuat kondisi kulit membaik. Cukup menggunakan produk untuk mengurangi minyak atau menghilangkan bakteri di kulit. Maka kulit akan lebih sehat dan terjaga kelembabannya.

Jika sering di luar ruangan dan terkena sinar matahari, disarankan untuk menggunakan tabir surya. Mengingat kandungan dalam tabir surya bisa mencegah bahaya yang ditimbulkan oleh sinar UV.

3. Meningkatkan Estetika Wajah

Kamu mungkin beralasan kalau wajah tidak berpengaruh dengan status pacaran. Toh, sudah memiliki pasangan. Jadi tidak perlu merawat wajah terlalu rutin, karena pasangan akan tetap menerima apa adanya. Hmm, padahal perempuan juga suka jika pasangannya memiliki wajah yang bersih dan terawat.

Wajah yang bersih dan terawat juga akan membuat perempuan lebih tertarik. Mau Kamu jomblo ataupun sudah punya pasangan. Tidak ada salahnya melakukan perawatan wajah, asalkan sesuai dengan kebutuhan.

4. Menunjang Karier

Pria yang memiliki karier di dunia public speaking, public figure, perhotelan, dan lainnya, harus memperhatikan wajah dengan baik. Wajah yang bersih dan sehat akan membuat mereka terlihat baik di mata publik. Kulit wajah perlu dirawat dengan baik agar bisa menunjang karier. Tidak ada salahnya menunjang skill dengan body image.

Setelah mencucui wajah dengan tepat. Langkah selanjutnya, Kamu bisa menggunakan pelembab dan peremajaan kulit agar tidak mengalami penuaan dini.

5. Mencegah penuaan dini

Alasan ini menjadi salah satu alasan yang sangat penting. Banyak pria mungkin beranggapan bahwa penuaan dini adalah hal yang biasa. Kalau dibiarkan, para pria pasti akan memiliki wajah yang terlihat lebih tua dibandingkan dengan usianya. Padahal maish mudah, namun wajah pria bisa terlihat kusam dan memiliki keriput.

Kondisi seperti juga mendapat perhatian, karena dianggap cukup merugikan. Sehingga perlu dilakukan perawatan yang baik. Perawatan yang harus dilakukan adalah mencuci wajah sampai bersih setelah beraktivitas untuk mengurangi radial bebas yang menempel cukup lama di kulit.

Scrub adalah jenis produk skincare yang bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini. Cukup dua kali seminggu, scrubbing bisa mencegah kantong mata muncul dan menghilangkan garis-garis halus pada wajah. Sehingga wajah bisa tampak lebih mudah. Scrub memiliki banyak butiran-butiran halus yang bisa membantu menyiapkan kulit baru yang bersih. Scrub memberikan efek mengelupas pada sel-sel kulit mati.

6. Membiasakan diri untuk memperhatikan tubuh

Perawatan wajah sebenarnya  tidak akan memakan waktu lama. Walaupun demikian, efek yang dihasilkan sangat besar. Tidak hanya mendapatkan peningkatan estetika saja, tetapi juga dapat menyehatkan kulit sekitar wajah.

Dari hal yang kecil, akan merambah pada hal yang lainnya. Dari kebiasaan merawat kulit wajah, pria juga akan mudah melakukan perawatan tubuh yang lain. Tidak hanya wajah saja.

Itulah alasan mengapa pria juga wajib untuk melakukan perawatan wajah. Saat ini juga sudah banyak tersedia produk-produk perawatan wajah khusus pria. Jadi, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Perawatan kulit pria tidak harus seperti perempuan, yang penting bisa membersihkan kulit dari bakteri dan polusi yang menempel padakulit. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai permasalahan kulit.

Kamu bisa menemukan produk-produk skincare pria, terutama sabun cuci muka di aplikasi Titipku. Ada Jatiper yang siap memenuhi kebutuhannya. Jika di dekatmu ada pelaku UMKM yang menjual banyak produk skincare pria, sangat disarankan untuk mengulasnya. Lalu unggah ulasanmu di aplikasiTitipku, sehingga kamu bisa berbagi pengalaman dengan yang lain.

Tidak menutup kemungkinan jika yang lain akan tertarik untuk membeli produk di sana.

Ayo Menjelajah!

sumber: doktersehat.com, tempo.co, halodoc.com, kompas.com





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan