Ampuh, Baking Soda Ternyata Bisa Memutihkan Gigi


sciencefocus.com

Selama ini baking soda digunakan untuk bahan campuran adonan kue agar mengembang saat dipanggang. Dikutip dari berbagai sumber, ternyata baking soda juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi.

Gigi kuning dan kusam yang dialami seringkali dirasa menganggu. Kondisi pun dapat menganggu penampilan. Sehingga tak sedikit orang mengupayakan untuk membuat gigi nampak lebih putih. Ada yang datang ke dokter gigi. Tapi tak sedikit pula yang berusaha menggunakan bahan alami dan mudah didapatkan. Serta bisa dilakukan di rumah.

Penyebab gigi menjadi kuning ada beragam. Mulai dari yang jarang ggok gigi, merokok, sering memakan makanan asam, hingga tanda kondisi merid tertentu.

Rajin sikat gigi memang merupakan hal yang paling dasar dilakukan agar gigi tidak kuning. Cara khusus yang dilakukan diantaranya menggunakan bahan tambahan untuk menggosok gigi. Baking soda menjadi bahan alami yang paling populer untuk membersihkan gigi.

Kandungan senyawa abrasif dalam baking soda bisa membantu melunturkan, mengikis, dan menyamarkan noda pada permukaan gigi. Sifat antimikroba dari baking soda juga bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Baking soda dan lemon

well-beingsecrets.com

Baking soda bertekstur agak kasar yang bisa mengikis noda menempel pada pada gigi. Zat ini juga bersifat basa yang bisa menetralkan asam di dalam mulut akibat residu makanan dan bakteri. Asam adalah zat yang bisamerusak enamel gigi. Baking soda juga akan bertindak sebagai agen penyeimbang asam dari air lemon.

Alternatifnya, Kamu bisa bergantian menggunakan air putih dan air lemon sebagai pelarut baking soda setiap beberapa hari sekali. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan gigi.

Caranya mudah untuk menggunakan bahan-bahan ini sebagai pemutih gigi. Kamu hanya memerlukan baking soda dan air lemon secukupnya, serta sikat gigi. Oh, air jeruk lemon ini juga bisa diganti dengan air jeruk nipis.

Campur baking soda dengan air perasan lemon sampai berbentuk seperti adonan pasta gigi. Sebelumnya, bersihkan gigi dari sisa makanan dengan lap bersih atau tisu.

Letakan adonan pasta lemon di atas sikat gigi dan mulailah menyikat gigi seperti menyikat gigi biasa. Diamkan adonan tersebut menempel pada gigi sekitar satu menit. Kemudian berkumur sampai bersih menggunakan air biasa untuk menghindari kerusahakn pada enamel gigi.

Jika kamu menggunakan air biasa sebagai campuran, pasta dari baking soda ini bisakamu diamkan hingga tiga menit di dalam mulut.

Baking soda dan teh

stylesatlife.com

Campurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh atau air teh. Asuk merata sampai berbentuk adonan seperti pasta gigi. Setelah itu, gunakan pasta ini untuk menggosok gigi.

Supaya hasilnya maksimal, sikat gigi menggunakan baking soda beberapa kali dalam seminggu.

Baking soda dan garam

occultlectures.com

Campuran dua bahan ini dianggap sangat ampuh untuk memutihkan gigi akibat merokok, meminum teh dan kopi.

Siapkan setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh garam dapur. Tambahkan sedikit air, kemudian aduk sampai tercampur rata. Letakkan campuran ini pada pasta gigi. Diamkan satu menit. Terakhir, berkumur hingga bersih menggunakan air biasa.

Efek samping

Baking soda memang ampuh untuk memutihkan gigi. Namun penggunaan yang berlebihan dan terlalu sering bisa menyebabkan erosi lapisan gigi dan membuat gigi menjadi sensitif. Untuk menghindari efek samping tersebut, lakukan cara memutihkan didi dengan baking soda dua hari sekali. Kurangi pemakaian menjadi seminggu satu atau dua kali jika gigi terasa ngilu akibat perawatan tersebut.

Jangan terlalu keras saat menyikat gigi menggunakan baking soda. Karena bisamenyebabkan hipersensitif dan merusak enamel gigi.

Kalau kamu menggunakan kawat gigi, sebaiknya tidak melakukan perawatan ini. Karena baking soda bisa melarutkan lem ortodontik behel.

Tak lupa, perhatikan jenis gigi sebelum menggunakan cara memutihkan gigi menggunakan baking soda. Jika gigimu sensitif, sebaiknya tidak melakukan cara untuk membersihkan noda membandel pada gigi.

Perhatian

Melakukan rutinitas khusus untuk memutihkan gigi itu memang perlu. Kamu perlu mematuhi jadwal rutinitas ini secara disiplin supaya hasilnyamaksimal. Jangan sampai membolos.

Cara ini mungkin dirasa lebih ribet. Maka diperlukan ketelatenan, nih. Cobalah kamu mengindari minuman berwarna gelap eperti kopi, teh dan soda. Karena minuman berwarna pekat dan gelap merupakan jenis minuman penyebab noda tertinggal pada gigi. Termasuk juga minuman manis yang tinggi gula dan anggur merah (wine).

Lapisan luar gigi (enamel) sangat berpori. Makanan dan minuman yang setiap hari dikonsumsi bisa terserap dan tertinggal di sana. Minuman yang mengandung kefein seperti kopi, bisa mengikis enamel gigi bila dikonsumsi secara  berlebihan dan terus menerus. Sedangkan gula, dapat menarik perhatian bakteri dalam mulut untuk memproduksi asam lebih banyak.

Selain itu, berhenti merokok. Karena rokok mengandung nikotin yang bisa menempel kuat pada email gigi. Bahkan gigi bisa langsung tampak kusam setelah merokok dalam waktu singkat. Semakin lama merokok, warna gigi akan semakin gelap.

Memiliki gigi yang sehat dan tidak kusam menjadi kesenangan banyak orang. Tak melulu dengan perawatan mahal. Ternyata ada juga bahan-bahan alami yang bisa digunakan bagi yang memiliki masalah gigi kuning dan kusam. Dengan begitu, langkah untuk tampil percaya diri bisa lebih mudah. Termasuk tampil percaya diri menjelajah UMKM dengan aplikasi Titipku. Jadi tak perlu malu sungkan untuk tersenyum dan berbincang dengan penggerak UMKM.

Penjelajah Titipku perlu berkomunikasi dengan penggerak UMKM untuk bisa menggali banyak informasi. Dengan begitu, detail UMKM dapat diulas secara lengkap dan dibagikan dengan yang lainnya di aplikasi Titipku.

Ayo menjelajah!

Temukan dan ulas UMKM di sekitarmu! Mari bantu mereka untuk masuk ke pemasaran digital supaya bisa semakin maju dan naik kelas!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan