Apa Sih, Manfaat Conditioner? Kenapa Harus Memakainya?


ilustrasi | thespruce.com

Setelah keramas, ada satu step perawatan rambut. Ya, bagi yang sangat concern ingin mmeiliki rambut cetar, merawat rambut tak hanya sampai rutin keramas rambut saja. Yaitu conditioner atau disebut juga kondisioner.

Masih banyak yang tidak menggunakan ini dibandingkan dengan pengguna shampoo. Selain menganggapnya ribet, manfaatnya juga sering disepelekan.

Kondisioner bertekstur seperti shampo. Perbedaannya akan terlihat jelas saat pengaplikasiannya. Kondisioner tidak berbusa ketika diusapkan pada rambut secara merata. Perlu didiamkan dua sampai lima menit supaya kondisioner meresap. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air biasa.

Berikut kami rangkum manfaat dari kondisioner yang selama ini mungkin banyak dipertanyakan. Atau bahkan disepelekan.

Membuat rambut lebih mudah disisir

Salah satu rahasia untuk mendapatkan rambut yang halus adalah penggunaan kondisioner secara rutin setelah keramas. Kondisioner mengandung minyak khusus yang bisa melumasi rambut sehingga mudah untuk disisir. Rambut pun juga terasa tidak kusut.

Terkadang setelah keramas rambut akan terasa kaku. Hal ini wajar sebenarnya, karena kandungan pada shampo membuat minyak kepala ikut terangkat. Nah, kondisioner bisa mengembalikan elastisitasnya. Dengan begitu, bisa memudahkan saat disisir. Seperti namanya, kondisioner, yaitu cairan yang digunakan untuk memudahkan pengaturan rambut.

Mencegah rambut kering

Rambut akan kehilangan minyak setelah keramas. Makanya kondisioner wajib digunakan untuk menjaga rambut supaya tidak kering. Apalagi bagi kamu yang sering menggunakan produk styling rambut. Kondisioner bisa menjaga rambut agar tetap sehat dan tidak mudah mengalami kerusakan, terutama pada bagian ujungnya.

Kondisioner dapat menggantikan minyak alami degan kadar minyak yang rendah. Sehingga bisa melindungi setiap helai rambut.

Rambut nampak berkilau

Tak hanya menjaga rambut halus dan tidak kering, dalam kondisioner terkandung minyak yang bisa membuat rambut nampak berkilau.  Kandungan minyak kondisioner akan masuk ke dalam katikula rambut dan membuatnya terlihat berkilau dan bercahaya secara alami.

Kandungan di dalam kondisioner juga sudah diformulasikan untuk membuat rambut hitam terlihat lebih berkilau. Bahkan  kilau rambut bisa bertahan lebih lama jika dikandingkan hanya menggunakan shampo tanpa kondisioner.

Rambut terlihat lebih bervolume

Kamu tidak perlu repot-repot melakukan blow pada rambut. Ada beberapaproduk kondisioner yang dirancang agar bisa meningkatkan volume rambut dan membuatnya mengembang secara alami. Rutin menggunakan kondisioner juga bisa membuat rambutmu lebih mudah untuk ditata.

Saat memakan shampo atau bahan kimia pada rambut, katikula rambut bisa terbuka. Kondisi ini membuat rambut terasa kusam dan kasar. Dengan pemakaian kondisioner, kutikula rambut bisa tersusun rapi kembali. Kamu bisa coba, rasakan sehabis menggunakan kondisioner. Rambut kamu akan terasa lebih lembut, mudah diatur, dan lebih bervolume.

Sebagai pelindung rambut

Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, maka rambutmu akan lebih rentan terhadap masalah kerusakan rambut. Debu, polusi, dan kotoran bisa memengaruhi kesehatan rambutmu. Terlalu sering mencatok rambut dan mengikat rambut terlalu keras juga bisa menjadi faktor kerusakan rambut. Kondisioner bisa menyuplai nutrisi dan protein untuk rambut. Sehingga bisa menjadi pelindung rambut dari berbagai ancaman kerusakan rambut.
Mencegah rambut kusut

Siapa yang nyaman dan percaya diri jika rambut dalam keadaan kusut. Tentu ini menjadi masalah serius yang bisa saja dialami banyak orang. Salah satu manfaat kondisioner yaitu dapat mengatasi masalah ini. Kondisioner merupakan produk yang bisa melumasi rambut, sehingga rambut terjaga kelembapannya.

Rambut yang lembab bisa terhindar dari masalah rambut lainnya. Seperti rontok, ketombe, dan bercabang.

Lembab disini berbeda dengan rambut berminyak, ya. Bagi kamu yang memiliki masalah rambut yang berminyak, pastikan kamu cermat dalam memilih kondisioner. Di pasaran untungnya tersedia kondisioner dengan fungsi yang lebih spesifik terhadap kondisi rambut. Jadi kamu tidak akan asal dalam memilih kondisioner yang cocok untuk rambutmu.

Mencegah rambut rontok

Masalah rambut yang satu ini juga sangat sering dialami banyak orang. Kondisioner bisa menjadi salah satu untuk menanganinya. Karena sering juga, shampo saja tidak cukup.

Setelah mengetahui manfaat kondisioner, apa kamu masih ragu untuk membelinya? Contioner yang beredar juga tidak hanya untuk tipe rambut normal saja, kok. Berbagai masalah rambut turut diperhatikan, mengingat setiap masalah rambut harus diatasi dengan kandungan nutrisi yang berbeda. Kamu pun perlu cermat untuk memilihnya.

Kamu bisa belanja kebutuhan perawatan rambutmu di aplikasi Titipku. Tak menutup kemungkinan produk perawatan yang kamu butuhkan sudah sampai di warung-warung kecil hingga pasar tradisional. Ada Jatiper yang siap memenuhi kebutuhanmu.

Ayo belanja di Titipku!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan