Onion Ring, Bawang Bombai Goreng Yang Cocok Untuk Teman Nyantai


onion rings/ losangeles.cbslocal.com

Tak hanya sebagai bumbu, bawang merah sering digunakan sebagai camilan atau lauk yang kriuk. Nama populernya sering disebut “brambang goreng”. Banyaknya peminat brambang goreng membuat banyak orang tertarik untuk memasukkannyasebagai bisnis, karena memiliki nilai ekonomi tinggi.

Brambang goreng pun disambut baik oleh masyarakat. Kerap kali dijadikan lauk makan nasi, teman makan mie goreng, hingga nasi goreng.

Tak hanya bawang merah saja, kini bawang bombai pun juga digoreng sebagai camilan. Bawang jenis ini memiliki bentuk bulat besar dan berdaging besar. Tentu sering dijadikan sebagai bumbu masakan dan hiasan makanan.

Umumnya bawang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai) India ini digunakan untuk sup, saus, tumisan, dan gorengan. Nah, bawang bombai goreng ini yang mulai terkenal. Digoreng dengan tepung berbumbu dan disebut dengan onion ring. Biasanya memang sering dijumpai di restoran cepat saji dan cafe. Cocok untuk ngemil santai atau saat kumpul beramai-ramai.

Onion ring memiliki rasa yang gurih, manis, dan renyah. Tidak ada rasa pedas khas bawang. Justru rasanya bikin nagih, membuat ingin terus makan lagi dan lagi seperti saat makan kentang goreng. Apalagi onion ring juga cocok dimakan dengan dicocolkan pada saus pedas, saus tomat, saus sambal, bahkan mayonaise sesuai selera.

Tak hanya di Indonesia, di luar negeri bawang bombai goreng tepung juga terkenal. Di sana lebih dikenal dengan sebutan onion blossom. Bedanya ada pada pengolangannya. Per kelopak bawang bombai dipotong kecil-kecil menggunakan alat pemotong khusus. Sehingga hasilpotongan akan menyerupai bunga yang mekar. Lalu dicelupkan pada adonan basah yang berasal dari tepung terigu, telur, susu, dan bumbu lainnya. Baru kemudian digoreng.

Cara membuat union ring ini sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa mencobanya jika tertarik. Langu saja, ini dia resepnya.

Bahan:
1 buang bawang bombai besar
2 sdm tepung meizena
2 cangkir terigu
Tepung roti secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya (bisa digandi dengan masako rasa yam)
Merica bubuk secukupnyaair es secukupnya

Cara memasak:
  1. Potong bawang bombai berbentuk lingkaran, lalu lepas satu per satu hasil potongan. Dengan begitu, potongan bawang menjadi banyak.
  2. Rendam potongan bawang dengan air es selama 15 menit.
  3. Buat adonan kering. Campur tepung terigu, kaldu bubuk, tepung meizena, merica, dan garam. Lalu aduk sampai rata.
  4. Tiriskan bawang yang sudah direndam, lalu balurkan bawang dengan sedikit adonan kering yang sudah dibuat. Taruh di wadah yang kosong dan kering.
  5. Buat adonan basah. Masukkan air es ke dalam adonan kering, lalu aduk sampai rata. Disarankan, adonan jangan sampai terlalu encer tapi juga tidak terlalu kental.
  6. Celupkan bawang yang sudah dibalur adonan kering ke dalam adonan basah. Kemudian balur dengan tepung roti.
  7. Setelah dibalur teung roti, goreng sampai berwarna cokelat. Goreng dengan api kecil supaya tidak cepat gosong.
  8.  Angkat, lalu tiriskan.
Onion ring akan terasa lezat disantap selai masih hangat. Dengan cocolan saus atau mayonaise. Tergantung selera Kamu. Bahan-bahan yang digunakan pun tidak sulit ditemukan. Meski mudah, ada kalanya Kamu malas gerak (mager) untuk keluar mencarinya, kan? Titipku menawarkan solusi, nih. Bahkan semua bahan yang kamu butuhkan dijamin dari produk UMKM asli.

Warung-warung kecil yang menjual bumbu tergolong sebagai UMKM. Kamu bisa titip beli semua kebutuhan kamu dari warung melalui aplikasi Titipku. Ada Jatiper yang siap membelanjakannya. Selain warung, kamu juga bisa titip beli di pasar-pasar tradisional. 

Sudah bukan rahasia lagi kalau bahan-bahan masak dari pasar harganya lebih jangkau. Tak kalah lengkap pula dengan yang di pasar-pasar modern.

Ayo belanja di Titipku!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream