6 Bunga Cantik Ini Ternyata Juga Bisa Dimakan


ilustrasi/ thespruceeats.com

Bunga identik dengan sesuatu hal yang cantik dan warna-warni. Sementara sayur, identik dengan warna hijau, selalu dianggap sebagai pemasok serat dan vitamin bagi tubuh. Namun ada lho, bunga yang dari luar nampak cantik ternyata enak juga dimakan. Bunga-bunga yang bisa dimakan disebut edible flower.

Bunga-bunga yang termasuk edible flower dapat menambah cita rasa yang khas dalam suatu sajian makanan. Selain itu, juga menambah warna pada makanan. Biasanya sebagai hiasan yang rasanya juga enak.

Ada dua hal penting penting mengenai edible flower. Pertama, tidak semua bunga bisa dimakan, karena ada beberapa bunga yang beracun. Jadi, Kamu harus bisa memilih bunga mana saja yang bisa dimakan. Kedua, pastikan bunga bebas dari insektisida, hibrisida, maupun fungisida. Edible folwer disarankan berasal dari budidaya organik.

Lalu, bunga apa saja yang termasuk edible flower? Berikut diantaranya.

1.       Hibiscus

 hibiscus/ bunga sepatu/ bunga waru | frontiercoop.com

Bunga hibiscus dapat digunakan sebagai penambah rasa pada aneka makanan dan dengan aneka cara pengolahan. Ada yang digunakan sebagai hiasan. Ada juga yang menambahkannya pada salad. Dengan rasanya yang asam, hibiscus juga bisa digunakan untuk penambah rasa fruity cake, minuman, dan sebagainya. Namun olahan terbaik yang menggunakan bunga hibiscus adalah infused water atau teh.


2.       Lilac

citynews.com.au

Tidak hanya beraroma harum, ternyata bunga lilac juga memiliki rasa yang lezat. Bunga ini paling baik digunakan sebagai garnish (hiasan). Kamu juga bisa membuatnya menjadi infused water atau dicampur dengan yogurt untuk menikmatinya.


3.       Lavender

bonnieplants.com

Mungkin ini terdengar aneh dan meragunkan. Bunga lavender biasanya digunakan sebagai pengharum. Bunga lavender ternyata memiliki rasa manis-asam, sehingga sangat bagus untuk ditambahkan sebagai pemanis makanan. Untuk menikmatinya, bunga ini dapat dijadikan garnish pada kue cokelat, ice crem, dan champagne. Bunga ini akan memberikan rasa yang khas.


4.       Mawar

floweraura.com

Bunga yang dikenal sebagai simbol cinta pun ternyata bisa dijadikan santapan. Semua jenis bunga mawar bahkan termasuk dalam edible flower. Aroma yang kuat dan biasa digunakan sebagai pewangi, rupanya juga berpengaruh sebagai aroma desserts (makanan penutup) sampai minuman. Mawar juga bisa dicampurkan pada salad, dijadikan saus, atau penambah aroma pada sup.


5.       Honeysuckle
weslorflower.com

Seperti namanya, bunga ini memiliki rasa yang manis, semanis madu. Seluruh kelopaknya daat dimakan. Namun hati-hati, buah dari bunga ini tidak dianjurkan untuk dimakan karena sangat beracun. Begitu juga dengan bagian lain dari tanaman honeysukle. Bunga ini bisa menjadi tambahan yang lezat untuk salad dan makanan penutup.


6.       Melati

shaileshnursery.com

Sudah diketahui jika bunga melati digunakan secara turun temurun sebagai campuran aroma teh. Selain itu, ternyata Kamu juga bisa menggunakannya sebagai pemanis untuk hidangan yang manis. Tetapi hanya bunga melati jenis jasminum Sambac yang bisa dimakan, sedangkan jenis melati yang lain, beracun.


Nah, itu tadi beberapa contoh bunga edible flower. Sebenarnya masih ada banyak lagi. Nanti kita share dikesempatan berikutnya, ya. Jadi terus pantengin blog Titipku.

Tak lengkap rasanya jika hanya mengintip blog Titipku saja. Ayo belanja juga di aplikasi Titipku! Produk-produk UMKM sudah menanti untuk memenuhi kebutuhanmu. Contoh sederhananya, dalam aplikasi Titipku terdapat toko kelontong. Nah, tepat banget bagi kamu yang ingin belanja bulanan atau membeli bahan-bahan membuat kue. Garnish kuenya, bisa dicoba menggunakan edible flower.

Ayo belanja di Titipku!

Sumber: cityflowers.co.in, www.gardeners.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream