5 Rekomendasi Minuman Penetralisir Saat Kelebihan Makan Daging di Malam Tahun Baru


 photocuisine RM/ Alamy Stock Photo



Malam tahun baru identik dengan pesta bakar-bakar bersama, baik di rumah maupun di tempat terbuka yang ciamik untuk kumpul bersama orang-orang terkasih. Menu bakar saat malam tahun baru biasanya jagung atau aneka daging. Daging biasanya juga lebih menggoda selera.

Meski seru, pasti ada yang merasa kelebihan mengonsumsi menu bakaran. Terkhusus daging. Menu daging bakar dan disantap sama-sama memang terasa lebih mantap. Tapi, ada “efek samping”nya jika tubuh tidak bisa mentoleransi kelebihan daging yang masuk.

Ini, nih. Kami ulas beberapa minuman sehat yang bisa menjadi penetralisir jika Kamu merasa kelebihan daging saat malam tahun baru. Mudah banget dicari maupun dibuat sendiri. Wah, sudah seperti idhul adha aja, ya.

1.       Es Jeruk

merahputih.com

Minuman yang satu ini sepertinya banyak yang suka. Apalagi saat cuaca panas, bisa menjadi pelepas dahaga yang pas. Selain nyegerin, es jeruk bisa jadi pilihan yang tepat untuk diminum setelah memakan banyak olahan daging. Es jeruk mengandung vitamin C yang bisa membantu penumpukan kolesterol LDL, sehingga dapat menekan kadar kolesterol yang sempat naik akibat kelebihan makan daging.

Jeruk yang kaya akan serat dan larut dalam air, bisa mengikat kolesterol dari makanan. Kandungan d-limone dalam jeruk merupakan senyawa kimia yang dapat melaruskan kolesterol dalam tubuh.

2.       Jus Apel

creativemarket.com

Apel mengandung pektin, sejenis serat larut yang bisa membilas kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Selain itu, apel juga kaya akan polifenol, sejenis antioksidan yang bisa mengurangi peradangan.  Jadi, gak heran, jus apel bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai penetralisir usai menyantap daging.

3.       Jus Jambu Biji

Kalau tidak sempat membuat sendiir, jus jambu hampir selalu ada di kedai-kedai jus. Mudah mencarinya, guys.

akurat.co

Satu gelas jus jambu biasanya memutuhkan satu buah jambu biji utuh. Satu jambu biji sendiri, mengandung sekitar 8, 9 gram serar. Nah, kandungan serat yan tinggi ini bisa membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Pada saat yang sama, kandungan vitamin dan mineral dalam jambu biji bisa menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) yang bisa mencegah penyakit jantung.

4.       Teh Hijau

Setelah tadi minuman yang mengandung banyak serat, kini ada satu minuman yang dikenal kaya akan antioksidan. Teh hijau sudah lama dipercaya bida membilas timbunan lemak dalam tubuh. Hal ini karena kandungan antioksidan tinggi yang ada dalam teh hijau.

keyc.tv

Antioksidan bekerja membuang lemak dengan cara meningkatkan metabolisme pencernaan. Sarannya, kamu bisa meminum teh hijau tawar dengan porsi yang cukup. Kurang lebih 200 ml sebanyak 1-2 kali sehari setelah kamu mengonsumsi daging.

5.       Minuman rempah

tribunnews.com

Kamu bisa meminum minuman rempah seperti wedang jahe atau air kunyit setelah banyak memakan daging. Berbagai zat dan fitonutrien yang ada dalam rempah, dapat membantu menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Nah, setelah mengetahui minuman penetralisir diatas semoga tidak membuat kamu kalap saat makan daging di malam tahun baru, ya. Meski bisa menjadi penetral, ada baiknya jika kamu juga mengendalikan diri supaya asupan daging tidak berlebihan. Ingat kolesterol, tuh.

Selain enak dan tidak pahit, minuman-minuman tersebut juga simple untuk dibuat sendiri. Kamu bisa membeli bahan-bahannya melalui aplikasi Titipku. Buah maupun rempah, semua ada. Titipku punya mitra yang bisa memenuhi kebutuhanmu dan dijamin berasal dari produk lokal.

Ayo belanja di Titipku!

#PakaiProdukLokal



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream