9 Bumbu Wajib Untuk Menu Bakaran di Malam Tahun Baru


kaskus.co.id

Tinggal menghitung hari, malam pergantian tahun akan menyapa kita semua. Tentu, tak sedikit masyarakat yang ada di dunia ini yang antusias. Meskipun zona waktu disetiap negara berbeda-beda.

Seperti kebiasan sebelum-belumnya, tak lengkap rasanya jika malam tahun baru tidak dirayakan dengan acara bakar-bakar bersama. Apalagi acara dilakukan di tempat terbuka, ditemani api unggun, dan keceriaan menuju detik-detik pergantian tahun.

Menu bakaran biasanya jagung, sosis, bakso, daging sapi, ayam, atau ikan bakar. Apapun menunya, kebersamaan dan sukacita menyambut tahun baru menjadi nomor satu. Menu bakaran, sebagai pelengkap dan “amunisi” saat menyalakan maupun menonton kembang api yang warna-warni cantik di langit.

Sebelum bakar-bakar, tentu semua bahan harus disiapkan dengan lengkap termauk alat dan bumbu-bumbunya. Lantas, bumbu apa saja sih, yang wajib dipersiapkan saat bakar-bakaran?

1.       Kecap Manis

news.ralali.com

Kecap manis ini menjadi bumbu utama, nih. Selain bagi yang tidak suka pedas, kecap memiliki rasa yang khas sehingga selalu digunakan untuk aneka menu bakaran. Agar tidak hanya manis, kecap manis juga bisa dikombinasikan dengan bumbu lain kok supaya rasanya lebih sedep.

2.       Margarin

hargabulanini.com

Bumbu wajib yang kedua. Margarin berfungsi sebagai pengganti minyak goreng, sehingga menu bakaran tidak lengket pada alat pemanggang atau arang. Aroma margarin juga lebih harum dan menggiurkan.

3.       Cabe Rawit
Antara Foto/ Arnas Padda

Cabe rawit cocok bagi yang menyukai rasa pedas, terutama untuk bumbu ayam bakar da ikan bakar pedas. Saat ikan atau ayam sudah matang, keduanya dapat dimakan dengan baluran kecap manis yang telah dicampur dengan irisan cabe rawit. Dijamin, pedesnya bikin nagih!

4.       Garam
tehrantimes.com

Ini juga tak kalah penting, walau sepele, fungsi garam ini sangat penting. Bumbu ini wajib digunakan untuk menu ayam atau ikan bakar. Garam berfungsi untuk menyedapkan menu bakaran dan memberikan cita rasa gurih.

5.       Bawang putih
bbcgoodfood.com

Bawang putih bisa memberikan aroma wangi yang khas pada setiap menu bakaran. Apalagi untuk ikan atau ayam bakar, dijamin aromanya akan semakin menggiurkan.

6.       Bawang merah

liputan6.com

Berbeda dengan bawang putih yang memberikan waroma wangi pada menu bakaran, bawang merah akan memberikan cita rasa yang gurih. Tentu beda dengan gurihnya garam, lho. Dengan ditambah irisan bawang merah, rasa menu bakaran akan lebih kaya.

7.       Merica


Merica bisa menjadi opsi lain bagi yang tidak suka rasa pedas dari cabe rawit. Karakteristiknya sedikit berbeda meski sama-sama peas. Kecap manis dapat dicampur dengan merica halus atau bubuk merica sebagai saus menu bakaran.

8.       Jeruk nipis
limeschopped.co.uk

Buah yang rasanya asam ini, menjadi bumbu wajib bakaran terutama ayam dan ikan. Jeruk nipis berfungsi memberikan rasa asam sekaligus meminimalisir bau amis pada daging atau ikan.

9.       Saus kemasan

padstowfoodservice.com.au

Disarankan untuk saus dengan kemasan botol supaya lebih praktis dan aman dari tumpah. Saos yang dipilih bisa saos pedas maupun saos tomat, sesuai dengan selera.
Nah, itulah 9 bumbu yang wajib dibawa saat bakaran di malam tahun baru nanti. Jangan lupa untuk dicatat dan disiapkan dengan lengkap, ya. Supaya menu bakaran kamu nanti terasa lezat dan semakin melengkapi kemeriahan perayaan tahun baru bersama teman, keluarga, atau orang terkasih.

Bisa dipersiapkan dari sekarang, nih. Ayo belanja di Titipku kalau kamu belum ada waktu membelinya. Jatiper siap sedia memenuhi kebutuhan menu bakaran malam tahun barumu! Kamu bisa titip belu di warung-warung atau pasar tradisional. Lengkap, dijamin puas deh. Kapan lagi bisa belanja di pasar tapi diperantarai oleh aplikasi.

Ayo belanja di Titipku
!

#PakaiProdukLokal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream