Fungsi Merica Pada Masakan, Tak Hanya Sebagai Penyedap


thekitchienmagpie.com

Merica bisa juga disebut dengan lada putih. Salah satu bumbu rempah-rempah ini sering digunakan dalam beragam masakan Indonesia. Di warung-warung kecil, toko kelontong, pasar tradisional, hingga supermarket besar menyediakan bumbu yang satu ini. Mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia akan merica juga cukup tinggi. Selain untuk bumbu di dapur, juga sebagai bumbu makanan untuk dijual.

Kalau dasarnya, pada tahu gak sih, merica itu berfungsi sebagai bumbu yang seperti apa? Menambah aromakah? Atau sebagai penyedap rasa? Berikut ulasannya.

1.       Penyedap alami

Yep, betul. Merica yang selama ini dipakai dalam bumbu, memang sebagai penyedap alami. Tentunya, pada masakan tertentu juga ya. Ada banyak masakan yang menggunakan merica  untuk memperkaya cita rasa masakan. Tak heran jika merica menjadi salah satu bumbu yang laris di pasaran.

2.       Penambah aroma

Merica sendiri sudah memiliki aroma yang khas dan sedap. Apalagi jika ditambahkan pada masakan, maka aroma masakan juga akan terasa sedapnya. Bahkan, pada masakan yang seharusnya menggunakan merica pasti akan terasa sekali kurangnya juga merica ini absen.

premexim.com

3.       Menambah rasa pedas atau hangat

Pedas merica tentu berbeda dengan pedas cabe. Pedas pada merica merupakan rasa pedas yang khas rempah dan tidak sepedas cabe. Meskipun cabe lebih dominan digunakan untuk membuat makanan terasa pedas, namun ada juga rasa pedas merica yang tidak bisa digantikan dengan pedas cabe. Misalnya, saus untuk menu bakaran yang mana mencampur kecap manis dengan bubuk merica, pedas pada kuah gulai, dan pedas pada kuah sop.

Selain pedas, merica juga bisa memberikan efek hangat untuk tubuh. Apalagi jika makanan yang mengandung merica disantap selagi panas, maka efek hangat merica akan sangat terasa.

4.       Menghilangkan amis

Mungkin ada yang pernah melihat saat ibu di rumah menambahkan bubuk merica dalam bumbu rendam daging ayam, ikan ataupun sapi. Daging yang direndam menggunakan garam, air, dan merica sebelum diolah lebih lanjut makan bau dan rasa amis akan luruh.

Ternyata tak hanya satu ya, fungsi merica pada masakan. Bisa menambah wawasan nih, jadi selain menambah cita rasa sekaligus menghilangkan rasa amis pada daging. Meski ini sudah menjadi rahasia umum, sih.

Bagi yang kamu yang belum pandai memasak, semoga informasi ini bermanfaat. Kalau ingin masak dan perlu merica sebagai salah satu bumbunya, jangan lupa belanja di Titipku, ya. Mau di warung kelontong atau pasar tradisional, kamu bisa pilih. Ohiya, jangan lupa untuk persiapan bumbu menu bakaran di malam tahun baru nanti. Tinggal sehari lagi!

Ayo belanja di Titipku!

#PakaiProdukLokal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream