Kamu Punya Sweater Berbahan Wol? Ini Cara Mencucinya Agar Tidak Cepat Rusak


howtocleanthings.com

Di akhir tahun, musim hujan yang lebih sering menemani aktivitas sehari-hari. Selain payung, jas hujan, dan pelengkapan lainnya saat hujan, pakaian yang tebal sering diperlukan untuk menetralisir rasa hawa yang dingin.

Sweater salah satu jenis pakaian yang fungsinya hampir sama dengan jaket, yaitu sebagai baju luar yang cocok digunakan saat cuaca dingin. Bahan sweater yang digunakan biasanya berasal dari benang wol dengan sifatnya yang lembut dan elastis, sehingga memberikan rasa nyaman ketika di pakai. Benang wol akan dirajut untuk bisa mengikuti bentuk tubuh pemakainya.

Dengan begitu, cara merawatnya tent berbeda dengan baju biasa seperti kaos atau kemeja. Jika tidak dirawat dengan benar, sweater rajut akan mudah rusak. Cara mencuci yang salah, juga bisa membuat sweater cepat rusak.

Ini nih, sedikit berbagi tips mengena cara mencuci sweater rajut bebaan wol dengan tepat.

1.       Siapkan air hanya yang telah dicampur dengan deterjen.

2.       Rendam sweater dengan durasi paling lama 5 menit.

3.       Goyang-giyangkan sweater atau diputar-putar untuk meluruhkan kotorannya.

4.       Jika ada kotoran yang membandel, Kamu bisa menambahkan garam untuk merendamnya.

5.     Bilas swetaer menggunakan air hangat sampai tidak tersisa detergen yang terserap dalam sweater.

6.     Rentangkan handuk kering di atas meja, lalu letakkan sweater di atasnya. Gulung dan tekan secara perlahan. Atau gulung terlebih dahulu sweternya, lalu ditekan-tekan menggunakan handuk kering dengan lembut.

tide.com

7.    Cara menjemurnya juga tidak biasa, nih. Rentangkan sweter di atas meja atau bidang datar lainnya. Disarankan untuk tidak menggantung atau menjemur menggunakan gantungan karena bisa menyebebkan sweater melar dan merubah bentuk sweater.

8.  Setelah kering, lipat sweater dan disimpan di tempat yang tidak lembab. Pastikan sweater benar-benar kering. Jika tidak, akan mendatangkan jamur disimpan.

Jika Kamu terpaksa harus mencuci sweater berbahan wol menggunaka mesin cuci, pastikan kamu mencucinya dengan metode khusus untuk mencuci baju yang terbuat dari wol. Jika mesin cuci tidak menyediakannya, pilih mode yang paling lembut putarannya.

Satu lagi, jika Kamu ingin menyetrikanya, sweater berbahan wol hanya perlu disetrika dengan suhu rendah. Sweater berbahan wol tidak akan mudah kusust. Jika disetrika dengan suhu terlalu panas, akan meninggalkan bekas kilap pada sweater.

Itulah sedikit tips untuk merawat sweter berbahan wol, khususnya cara mencucinya agar tidak mudah rusak. Buat kamu yang punya koleksi sweater berbahan wol, langkah-langkah patut untuk dicoba. Tapi juga diperlukan ketekunan, karena lebih disarankan untuk mencucinya secara manual.

Sweater berbahan wol masih aman jika dicuci menggunakan detergen, nih. Buat kamu yang stok detergen di rumah atau kos habis, bisa banget belanja lewat aplikasi Titipku. Dijamin harga akan tetap terjangkau karena detergen yang kamu pilih merupakan produk UMKM, loh. Ada jatiper yang siap membantu memenuhi kebutuhanmu, bahkan selain detergen. Kamu bisa pilih, mau titip beli di toko kelontong atau di pasar tradisional.

Ayo belanja di Titipku!

#PakaiProdukLokal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream