Pernah Berpikir Gak sih, Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mimum Susu?


healthline.com

Susu dikenal sebagai minuman yang bermanfaat bisa memberikan asupan kalsium untuk tubuh. Sering juga masyarakat mengkonsumsi susu sebagai menu sarapan. Susu mengandung sejumlah nutrisi esensial bagi tubuh, seperti kalsim, kalium, iodin, dan fosfor. Selain itu, susu juga kaya vitamin A, vitamin B2, Vitamin B12, dan Vitamin D.

Semua fungsi nutrisi itu dapat menjaga berbagai fungsi organ tubuh. Diantaranya, dapat menguatkan tulang sehingga mencegah pengeroposan tulang, mencegah kanker usus besar, baik untuk kesehatan, dan menjaga massa otot.

Wah, ilmiah sekali, yak. Meski demikian, banyak juga minuman pelepas dahaga yang menggunakan susu sebagai bahan utama. Milkshake dan Thai Tea, misalnya.

Tapi, pernahkah kamu berpikir kapan waktu yang tepat untuk minum susu? Waktu sarapan, menjelang tidur, setelah atau sesudah makan?

Sebenarnya, tidak ada waktu terbaik untuk minum susu. Kamu bisa minum kapan saja, pagi, siang, sore, atau malam sesuai dengan kebutuhan.

Tapi khusus anak-anak, disarankan untuk tidak minum susu saat mendekati waktu makan. Nah, bagi yang punya adik atau keponakan yang masih kecil, patut diperhatikan, nih. Jika anak-anak meminum susu sebelum makan, maka akan membuat mereka cepat kekenyangkan sehingga tidak ada lagi nafsu makan.

thelist.com

Kalau idelnya, baik anak-anak maupun dewasa, minum susu baiknya sekitar dua jam sebelum atau sesudah makan. Dikutip dari hallosehat.com, hal itu untuk menghindari efek kekenyangan dan kandungan kalsium di dalam susu bisa terserap dengan sempurna.

Susu yang dikonsumsi saat malam hari juga lebih baik dan bermanfaat dari segi kesehatan pencernaan.  Susu juga mengandung komponen sedative yang jika diminum sebelum tidur, akan membantu tubuh lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur.

Kandungan kalsium dalam susu juga akan lebih mudah diserap tubuh, karena saat tidur, aktivitas tubuh rendah. Tapi juga harus memberikan jeda waktu sekita dua jam sebelum tidur. Supaya otak tidak terdistrasksi ketika akan beristirahat dan juga memberikan waktu bagi tubuh bersiap untuk relaksasi.

Sedangkan kalau meminum susu saat pagi hari, ternyata kurang baik untuk pencernaan. Dilansir dari kumparan.com, susu yang dikonsumsi di pagi hari cukup sulit untuk dicerna dan membuat tubuh menjadi lesu.

Selain itu, sebaiknya hindari makanan yang bercita rasa asin yang dikombinasikan dengan susu. Makanan yang seperti itu akan membuat perut semakin terasa begah atau berat.

Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai kapan waktu yang tepat untuk meminum susu. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan pencernaanmu.

Kamu yang penggemar susu dan selalu stok sedia susu di rumah atau kos, titip beli aja melalui aplikasi Titipku. Jadi, kamu gak perlu repot keluar, deh. Jatiper siap “membelikan” susu yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apalagi kamu yang langganan beli susu di pasar tradisional, bisa banget memakai aplikasi ini.

Ayo belanja di Titipku!

#PakaiProdukLokal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream