Ubi Jalar Bisa Jadi Pengganti Nasi untuk Diet, Tertarik Mencoba?


mesinpertanian.id

Siapa yang tidak mengenal ubi jalar? Di Indonesia, ubi jalar merupakan jenis pangan yang ditanam oleh para petani Indonesia sehingga ubi jalar tidak terlalu sulit ditemukan. Di pasar tradisional, apalagi.

Ubi jalar sering dijadikan bahan kolak, bisa juga dikonsumsi secara langsung setelah direbus atau digoreng. Selain itu,ubi ternyata juga bisa dijadikan sebagai menu diet, lho. Banyak juga aktris Korea Selatan yang memanfaatkan ubi jalar sebagai menu diet. Seperti Bae, IU, dan Suzy yang mengonsumsi 1-2 buah ubi jalar sebus dalam sehari.

Jenis umbi-umbian yang satu ini bisa dijadikan alternatif menu diet karena ubi jalar kaya akan karbohidrat, tapi rendah kalori. Makanya, ubi jalar bisa membuat kenyang dalam waktu lama sehingga nafsu makan bisa terjaga.

Tak hanya karbohodrat, ubi juga mengandung banyak serat dan banyak zat lain seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalsium, zat besi, dan protein.

Dilansir dari liputan6.com, diet dengan ubi jalar dianggap efektif untuk menurunkan berat badan. Berikut penjabarannya.

1.       Ubi lebih “berisi” dibandingkan nasi

Ketika menyantap nasi, Kamu akan merasa lebih kenyang. Hal itu dikarenakan butuh konsumsi ubi jalar dalam jumlah banyak untuk mendapatkan jumlah karbohidrat yang setara dengan nasi. Satu centong nasi (100 gram) sama dengan 1 ubi jalar kuning seberat 135 gram.

2.       Kandungan serat

Ubi jalar lebih banyak bengandung serat dibandingkan nasi. Serat pada ubi membuatnya lebih mudah dicerna daripada nasi. Serat bisa mempercepat transit makanan di usus, sehingga lebih cepat dibuang dari dalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan ubi jalar menjadi alternatif menu diet yang cepat menurunkan berat badan.

3.       Rendah Kalori

Dalam 100 gram ubi jalar mengandung 90 Kkal. Hal ini juga menjadikan ubi jalar sebagai salah satu alternatif terbaik dalam program menurunkan berat badan. Ubi jalar bermanfaat untuk mengontrol jumlah kalori agar tetap sehat dan bugar.

Mengingat untuk menu diet, tentu ada cara pengolahan ubi yang tepat. Jangan sampai, program diet dengan menu ubi jalar akan sia-sia karena tidak sadar bahwa cara pengolahannya salah.

merdeka.com

Direbus

Cara ini tentu sangat mudah. Cukup merebus ubi jalar sampai teksturnya menjadi lunak. Ubi rebus bisa dijadikan sebagai pengganti nasi untuk sarapan, makan siang, atau sahur bagi yang hendak puasa. Kalau tidak sempat merebus ubi jalar sendiri, biasanya ada penjual ubi rebus yang siap untuk dimakan.

Dikukus

Hampir sama dengan direbus. Sebelum dikukus, potong ubi jalar lebih dulu sesuai dengan keinginan lalu kukus hingga matang. Selain sebagai pengganti nasi, ubi kukus juga bisa dijadikan pengganti makanan yang berlemak.

Dipanggang

space-mode.com

Supaya bisa dikonsumsi dengan lezat, cukup panggang ubi jalar selama 10 sampai 20 menit pada suhu 220 derajat. Ubi jalar yang dipanggang biasanya menjadi pilihan bagi yang sedang diet dan bosan dengan ubi jalar rebus.

Dijadikan keripik

snack-chips.com

Meski mengandung minyak, keripik ubi jalar lebih “mending” daripada keripik-keripik lain. Disarankan untuk tidak sering dikonsumsi juga jika sedang diet, karena manfaat keripik ubi jalar tidak akan seoptimal ubi yang dipanggang, direbus, ataupun dikukus. Ingat, keripik ubi melibatkan minyak. Jadi harus dibatasi juga konsumsinya, ya.

Ubi jalar memang salah satu alternatif terbaik untuk diet. Tapi bagi kamu yang tertarik untuk diet menggunakan ubi jalar, jangan terlalu ekstrim, ya. Jangan terlalu dipaksakan dan konsumsinya harus tetap disesuaikan porsi tubuhmu agar ketahanan fisik tetap bagus.

Ingin diet dengan ubi jalar mulai besok? Thats cool. Kamu yang bingung mau cari ubi jalar dimana, bisa titip beli melalui aplikasi Titipku. Tenang, jatiper siap terjun ke pasar tradisional untuk belanja ubi jalar sesuai dengan yang kamu inginkan. Di pasar tradisional, variasi ubi jalar yang ada bisa lebih banyak, lho.

Kamu juga bisa titip beli ubi rebus yang sudah siap makan, lho. Titipku ada “channel”nya, nih. Tunggu apa lagi. Kapan lagi bisa belanja ubi lewat aplikasi.

Ayo belanja di Titipku!

#PakaiProdukLokal





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream