Iga Sapi yang Enak Disantap dan Tips Memasaknya


rafterwranch.net

Daging sapi telah dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia sebagai bahan makanan yang sedap. Meski harganya lebih mahal dari daging ayam, daging sapi atau dikenal sebagai daging merah tetap digemari.

Selain dagingnya, ternyata ada bagian lain dari sapi yang bisa dikonsumsi. Bukan… bukan… bukan jeroannya. Apalagi kalau bukan iga. Yap, iga sapi.  Tak sedikit orang yang menggemari bagian dari sapi yang satu ini.

Iga sapi adalah satu bagian yang paling lezat jika diolah menjadi makanan. Bagian iga meliputi tulang, daging, otot, urat, hingga lemak. Semua bagian itu yang membuat lezat. Iga sapi yang direbus menggunakan garam dan lada, bahkan rasanya sudah gurih dan sedap.

Tapi, olahan iga akan menjadi tidak enak jika salah cara memasaknya. Proses pengolahan iga menjadi makanan yang enak memang bida dikatakan tidak mudah.

Pertama, iga harus direbus secara perlahan dengan api kecil sebelum kemudian dijadikan olahan seperti iga penyet, iga bakar, iga panggang, ataupun sop iga.

olivemagazine.com

Ada beberapa tips mengolah iga dengan benar, nih.

1.       Pilih iga sapi yang masih muda

Pastikan dipilih iga sapi yang masih muda dan tidak memiliki lapisan lemak yang terlalu tebal. Jenis iga yang satu ini akan lebih cepat empuk saat direbus. Sedangkan daging iga sapi yang tebal, akan membutuhkan waktu yang lama dalam proses perebusannya.

2.       Gunakan daun pepaya dan parutan nanas

Daun pepaya dan parutan nanas dipercaya ampuh untuk membuat iga menjadi lebih empuk. Balurkan parutan nanas dan daun pepaya selama beberapa menit (daun pepaya cukup dipotong-potong) sebelum iga direbus. Cara ini juga bisa membantu menghilangkan aroma tidak sedap dari iga sapi dan mengurangi kaldu yang keruh nantinya.

3.       Teknik slow cooker

Kalau ingin iga sapi memiliki tekstur yang empuk dan sangat lembut, maka gunakan teknik slow cooker. Dengan catatan, Kamu sedang tidak buru-buru sehingga punya waktu yang lama untuk mengolahnya. Teknik ini membutuhkan waktu merebus dengan bahan-bahan yang dibutuhkan sekitar 6 jam.

Waktu yang lama saat merebus, maka rempah-rempah yang digunakaan akan sangat meresap ke dalam daging iga dan tentu sangat lembut daging iganya.

Butuh ketelatenan memang, untuk bisa memasak iga sapi menjadi santapan yang mantab. Pun, tidak semua orang bisa memasak iga sapi. Cek resep yang ada di internet atau ikuti tutorial memasak di you tube, tentu disarankan bagi kamu yang sedang belajar memasak iga sapi.

Ayo belanja bahan-bahan memasak iga sapi di Titipku! Di pasar tradisional banyak yang menjual iga sapi. Kamu tetap bisa titip beli di pasar tradisional melalui Titipku. Bisa sekalian untuk titip beli bumbu-bumbu dan bahan-bahan lainnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream