Kurang Nafsu Makan dan Badan Pegal-Pegal, Jamu Beras Kencur Bisa Jadi Solusi


suratkabar.id

Jamu sudah dikenak sebagai minuman obat tradisional masyarakat Indonesia secara turun temurun. Sebelum banyaknya obat yang dijual di warung, supermarket, apotek, dan resep dokter di klinik/ rumah sakit seperti sekarang.

Dulu, kemungkinan besar tenaga medis belum banyak. Tak heran jika tanaman-tanaman tertentu yang bisa dijadikan obat. Rasanya? Jangan bayangkan seperti meminum jus, ya. Mengingat rata-rata minuman jamu memiliki rasa pahit. Sebanding dengan khasiatnya tentunya.

Jamu juga bukan obat yang instan. Jadilah, banyak ornag rutin meminum jamu untuk menjaga kesehatan tubuh. Jamu beras kencur, salah satunya.

Mempertahankan gula darah normal

Seperti namanya, jamu beras kencur berbahan dasar beras, kencur, serta tambahan asam jawa, jahe, dan daun pandan. Jamu ini bermanfaat dapat menurunkan kadar glukosa darah dan mempertahankannya supaya tetap normal. Bagi para diabetesi yang sulit mengendalikan kadar gula darah, tentu jamu yang satu ini sangat bermanfaat.

Mengutip dari lama hallosehat.com, tetapi khasiat yang satu ini masih membutuhkan penelitian dalam skala besar untuk memastikannya dalam jangka panjang.

Meningkatkan nafsu makan

Bisa dikatakan, orang tua zaman dulu juga menggunakan jamu beras kencur agar diminum anak-anaknya ketika sulit makan. Sampai sekarang, khasiat yang satu ini juga masih berlaku berkat kandungan vitamin B. Tapi mungkin tidak sebanyak dulu. Tak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun juga bisa meminum jamu beras kencur jika merasa kurang nafsu makan dalam waktu yang lama.

Jamu beras kencur dapat dikonsumsi dalam keadaan hangat atau dingin. Selain itu, jamu ini juga idpercaya dapat mengatasi masuk angin, meriang, dan badan pegal-pegal.

Meredakan batuk berdahak

Selain diminum rutin, ada kalanya jamu beras kencur dibutuhkan ketika terjasi masalah. Jamu beras kencur sudah lama dikenal sebagai obat untuk meredakan batuk berdahak. Khasiat dari kencurnya sendiri, dapat melegakan tenggorokan yang serak dan terasa gatal. Tak heran jika merasa tersiksa dengan batuk berdahak yang tak kunjung reda, jamu ini bisa sebagai alternatif obatnya.

Mengatasi diare

Saat diare, garam oralit biasanya menjadi obat yang paling simple dan manjur. Ternyata jamu pun bisa jadi penawar yang ampuh. Jamu beras kencur dipercaya dapat mengatasi diare karena kandungan zat sotoksik dan antibakterinya yang melimpah. Jika perut mulas, jamu beras kencur juga bisa menjadi pereda yang jitu.

Nah, begitulah kiranya khasiat dari jamu beras kencur. Bagi kamu yang tinggal di area perkotaan mungkin agak sulit menjumpai jamu beras kencur. Kecuali jika di kompleks rumah atau kosmu ada tukang jamu keliling. Jamu beras kencur pasti ada.

Manfaat jamu beras kencur cukup relate dengan masalah kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Selain jamu dijual “langsung” minum, sekarang juga banyak jamu beras kencur yang dijual dalam kemasan serbuk dan sudah mengalami proses kimia berteknologi. Sehingga khasiatnya tetap ada dan aman dikonsumsi.

Bisa juga, nih. Bagi kamu yang berminat dan sangat ingin meminum jamu tapi tidak tahu dimana mencarinya, bisa titip beli melalui aplikasi Titipku. Jamu tradisional siap minum bisa kamu dapatkan, loh. Bahkan ramuannya turun temurun keluarga.

Ayo belanja di Titipku! Kapan lagi bisa beli jamu melalui aplikasi?




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream