Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis


pie susu bali - productnation.co

Jalan-jalan ke Pulau Dewata Bali tak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh. Tentunya selain oleh-oleh foto di tempat-tempat menarik di sana.

Sebagai pusat destinasi wisata, Bali memiliki ragam keunikan yang bisa dibawah pulang oleh para pelancong. Kain bali, Joger, dan pie susu pun sudah mendunia sebagai oleh-oleh khas bali.

Mari merapat ke oleh-oleh makanan. Pie susu khas Bali begitu digemari. Adonan tepung dengan komposisi yang tepat beserta susu dipangang dalam oven, memiliki rasa yang sangat legit, tekstur pun lembut dan lumer di lidah.  Rasa manisnya berpadu dengan baik tidak terasa menyengat.

Dalam sekali gigitan, pie susu ini terasa sangat gurih. Belum lagi pada bagian tengahnya nan lembut membuat banyak orang merasa ketagihan. Sehingga tidak salah memilih Pie Susu menjadi oleh-oleh khas Bali yang spesial dan nikmat disantap sambil bersantai.

Kok bisa ya, Bali mempunyai makanan khas yang kedengarannya seperti kue dari Barat? Berdasarkan penelurusan, egg tart dari Hongkong bisa disebut sebagai cikal bakal dari pie susu Bali.

Di Hongkong, pie susu dikenalkan oleh Tengs Cha Chaan sekitar tahun 1940 dan mulai populer pada tahun 1960-an. Pie susu asal Hongkong ini juga dianggap sebagai adaptasi dari tart custard yang berasal dari Inggris.  Apalagi, dulu Hongkong merupakan bekas jajahan negara Inggris. Pie susu dari Hongkong berbentuk layer (puff pastry) yang menjadi kulit luarnya dengan isian custard telur.

chinese style egg custard tarts- food.com

Sedangkan pie susu Portugis dikenal dengan pastel de nata. Pie yang satu ini juga dipercaya masuk ke Hongkong melalui koloni Portugis yang berada di Macau. Pie susu Portugis memiliki kerak luar yang lebih berupa shortcrust pastry.

shortcrust pastry - goodhousekeeping.com




Pie Susu Bali dipercara merupakan gabungan dari Pie Susu Hongkong dan Pie dari Postugis. Pie Susu Bali mempunyai luaran berupa shortcrust pastry dengan isian egg custard yang tidak terlalu tinggi, sehingga terasa lebih renyah dan tidak terasa eneg karena tidak terlalu tebal.

Seiring dengan berjalannya waktu, pie susu bali sudah memiki varian rasa. Selain original, ada rasa keju, cokelat, durian, mocca, cokelat-keju, blueberry, pandan dan green tea.  

Banyaknya peminat membuat pemasaran pie susu sudah tersebar di banyak daerah. Tapi pasti akan lebih manteb jika membelinya langsung di Bali. Pasti juga sudah banyak yang menantikan oleh-oleh ini, dari kalian yang berwisata maupun sekedar berkunjung ke Bali.

Pie Susu Khas Bali dijamin hygenis dan pada kemasannya telah tertera sertifikasi halal dari MUI. Jika baru dibeli dan dimasukkan dalam lemari pendingin, maka bisa awet dalam 7 sampai 14 hari.

Kamu punya rekomendari pie susu khas Bali yang super enak? Monggo, diulas lalu diunggah di Titipku supaya bisa semakin dikenal luas dan banyak orang yang kepincut untuk membelinya. Atau bagi kamu yang ingin berwirausaha dengan menjual pie susu khas bali, tapi masih bingung supaya kemasannya menarik. Titipku punya solusi untuk membantumu.
Ayo jelajahi aplikasi Titipku! Ada fitur-fitur menarik seputar dunia wirausaha dan UMKM, lho!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan