Modal: Kebutuhan Dasar Berwirausaha Tapi Sering Jadi Kendala


nawacitapost.com

Berwirausaha tak selalu berjalan mudah dan lancar. Tantangan maupun kendala harus dihadapi sekuat tenaga supaya usaha yang dijalankan bisa stabil dan mendatangkan keuntungan. Semangat pantang menyerah, pastinya harus dikokohkan untuk menghadapi kendala yang dialami.

Lalu, kendala apa saja yang sering dialami oleh para pelaku usaha? Terlebih pegiat UMKM yang bidang usahanya “terlihat” kecil, tetapi justru UMKM lah yang selama ini menjadi tulang punggung perekonomian negeri ini.

Dimulai dari yang paling dasar, tahap yang dibutuhkan untuk setiap usaha adalah modal. Tentu saja, modal memang hal yang utama untuk mendanai setiap kegiatan usaha. Meski mendasar, tetapi modal sering menjadi kendala yang paling umum dan krusial dalam dunia wirausaha.

Ada apa dengan modal? Kenapa bisa kerap menjadi kendala? Berikut paparannya, guys.

Dianggap Sebagai Kendala Klasik

republika.co.id

Modal dianggap sudah menjadi kendala klasik yang selama ini dialami banyak pegiat UMKM. Modal yang terbatas sering ditemui sebagai permasalahan. Ide dan kreativitas pasti selalu ada, namun kreativitas itu tidak bisa dijalankan optimal karena modal yang terbatas.

Lembaga keuangan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi modal usaha. Saat ini banyak lembaga pendanaan atau keuangan yang menawarkan mosal pembiataan berbasis sistem equity crowdfunding. Bisa dikatakan, lembaga-lembaga ini muncul berkat inovasi dari kemajuan teknologi yang semakin pesat. Kita semua tahu, saat ini teknologi sudah menjamah berbagai sektor termasuk membantu pengusaha UMKM untuk memperoleh akses pendanaan.

Tapi para pegiat UMKM sulit mendapatkan modal tambahan dari lembaga keuangan. Banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi membuat banyak yang menyerah atau bahkan sudah “malas” diawal.

Tidak Ada Aset Bernilai Sebagai Jaminan

blog.xendit.co

Banyaknya prosedur yang harus dilewati untuk mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan dan membuat “males”, ada hal lain yang membuat lembaga keuangan belum maksimal menjadi solusi. Yakni aset sebagai jaminan. Yups, pasti sudah menjadi pengetahuan umum pula jika harus ada aset yang disiapkan sebagai jaminan sebelum mengajukan permodalan ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

Dikutip dari medcom.id, banyak pelaku UMKM sulit mendapatkan permodalan dari bank karena dianggap tidak punya rekam jejak di industri keuangan. Di satu sisi, mereka juga tidak punya jaminan yang bisa meyakinkan bank untuk mengabulkan pinjaman.

Jikalau ingin mengajukan kredit, banyak pegiat UMKM yang tidak mendapatkan kredit usaha karena tidak punya aset yang bisa diandalkan untuk mendapatkan kredit usaha. Selain itu, tidak adanya reputasi keuangan yang mendukung sebagai pihak yang taat membayar cicilan atau melunasi kredit. Jadi, penting untuk membuat laporan keuangan sebagai langkah untuk bisa mendapatkan kredit usaha.

---

Dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan modal utama maupun modal tambahan yaitu haruslah terencana, pengetahuan yang cukup mengenai pengajuan permodalan ke lembaga keuangan, teliti, dan ketelatenan. Dengan begitu, jika dari dalam diri sudah dicanangkan niat yang kuat dan pantang menyerah, kendala modal ini pasti bisa dihadapi.

Seiring dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, lembaga keuangan yang bisa membantu permodalan UMKM sudah semakin banyak. Tentunya denga prosedur yang dirancang seefisien mungkin.

Jika permodalan sudah teratasi, bisa fokus untuk menjalankan usaha ke depannya termasuk pemasaran dan menarik banyak pelanggan. Ragam produk UMKM di negeri ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Mengingat lokasinya ada di mana saja.

So, sebagai anak muda nusantara, sudah sepatutnya kita untuk mendukung produk-produk UMKM. Apalagi banyak produk UMKM merupakan karya bangsa kita sendiri. Yuk, check and shopping produk-produk UMKM nusantara di aplikasi Titipku. 

Klik di sini untuk mengunduh aplikasi Titipku di playstore.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Kerajinan Pahat Batu Muntilan Cocok Menjadi Oleh-Oleh Anti Mainstream