4 Alasan Pentingnya Pemasaran Digital untuk Kesuksesan Usaha dan Bisnis
image by livelifeindo.com
Pemasaran adalah bagian yang penting dalam
dunia bisnis atau wirausaha. Dari waktu ke waktu, tekniknya pun terus
berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan kebiasaan transaksi
masyarakat.
Di zaman yang sudah tak lepas dari teknologi
seperti saat ini, pemasaran digital menjadi sangat penting. Terlebih jika fitur penunjang yang
mumpuni, maka pemasaran digital bisa semakin efektif. Secara
singkat, pemasaran digital memang sudah dikenal lebih efektif ketimbang
pemasaran konvesional. Tetapi tak hanya itu saja, berikut penjabaran akan
pentingnya pemasaran digital.
Memperluas
pangsa pasar
Pemasaran digital cukup agresif untuk
memperluas pangsa pasar yang muaranya dapat menarik konsumen-konsumen baru.
Jika banyak konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka produk akan
laku dan tentunya pendapatan akan bertambah.
Pemasaran digital dapat dilakukan melalui
platform website, media sosial, dan platform digital lainnya. Jangkauannya
juga luas. Apalagi saat ini banyak pelaku kreatif,
inovatif, dan solutif yang menciptakan produk untuk bisa membantu para pelaku
usaha melakukan pemasaran digital. Titipku salah satunya, yang membantu
UMKM-UMKM lokal nusantara untuk bisa lebih dikenal secara luas. Ulasan dari hasil jelajah UMKM dapat meningkatkan daya tarik produk dan
menggaet konsumen baru.
Menghemat
biaya pemasaran konvesional
Sebelum produk digital digemari, televisi
menjadi media paling efektif untuk promosi produk. Biayanya? Cukup mahal,
pastinya. Lalu ada juga media lain seperti reklame, koran, hingga majalah.
Sedangkan jika
menggunakan pemasaran digital, biayanya dinilai tidak sebesar pemasaran
konvesional dan hasilnya juga efektif. Bahkan lebih. Contoh sekali lagi,
Titipku membantu UMKM-UMKM lokal untuk pemasaran digital tanpa biaya yang
besar.
Bisa mengetahui
perilaku konsumen
Dalam hal ini, kita
bisa melihat apa yang sedang digandrungi dan yang paling dibutuhkan
konsumen. Apa yang sedang trend biasanya mudah sekali muncul di media
digital. Nah, dari disitulah ada peluang, kita bisa tengok produk usaha dan
diupayakan untuk bisa mengisi peluang itu.
Selain itu, penting
untuk memahami bahwa iklan kian berkembang dengan mengetahui bagaimana konsumen
mendapatkan informasi. Dengan setiap perubaan, maka akan ada wawasan baru yang
pada masanya akan membantu dalam seluruh strategi pemasaran yang lebih baik.
Mudah menghubungkan
dengan konsumen
Pemasaran digital
sangat memudahkan komunukasi dengan konsumen. Efeknya, jika kita responsif maka
konsumen akan merasa dihargai karena dilayani dengan baik dan direspon cepat.
Makanya, sangat disarankan untuk responsif apabila menggunakan fitur cantact
dengan konsumen.
Selain itu, saat ini
banyak yang menerapkan strategi omnichannel yaitu perpaduan antara pemasaran
digital dan konvesional. Contohnya, suatu produk diposting di media sosial atau
e-commerce. Kemudian ada calon konsumen tertarik dan melakukan
transaksi pembelian secara digital. Tapi kemudian mengambil barang yang telah
dibeli di toko yang bersangkutan. Cara membuat pemasaran digital semakin
terintegrasi, lho.
Hampir serupa dengan
Titipku. Bedanya, jika konsumen melakukan transaksi pembelian di Titipku maka
bukan konsumen yang harus datang untuk mengambil belanjaan. Ada jatiper yang
siap meluncur ke lokasi UMKM kemudian mengantarkan belanjaan kepada konsumen.
Kemajuan teknologi
memang memberikan manfaat yang besar untuk dunia usaha. Bahkan dapat menjadi
solusi bagi kesuksesan usaha, sekalipun bagi pedagang-pedagang kecil-menengah yang selama ini belum memiliki
jangkauan pasar yang luas.
Komentar
Posting Komentar