4 Alasan Pentingnya Pemasaran Digital untuk Kesuksesan Usaha dan Bisnis


image by livelifeindo.com

Pemasaran adalah bagian yang penting dalam dunia bisnis atau wirausaha. Dari waktu ke waktu, tekniknya pun terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan kebiasaan transaksi masyarakat.

Di zaman yang sudah tak lepas dari teknologi seperti saat ini, pemasaran digital menjadi sangat penting. Terlebih jika fitur penunjang yang mumpuni, maka pemasaran digital bisa semakin efektif. Secara singkat, pemasaran digital memang sudah dikenal lebih efektif ketimbang pemasaran konvesional. Tetapi tak hanya itu saja, berikut penjabaran akan pentingnya pemasaran digital.

Memperluas pangsa pasar

Pemasaran digital cukup agresif untuk memperluas pangsa pasar yang muaranya dapat menarik konsumen-konsumen baru. Jika banyak konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan, maka produk akan laku dan tentunya pendapatan akan bertambah.

Pemasaran digital dapat dilakukan melalui platform website, media sosial, dan platform digital lainnya. Jangkauannya juga luas. Apalagi saat ini banyak pelaku kreatif, inovatif, dan solutif yang menciptakan produk untuk bisa membantu para pelaku usaha melakukan pemasaran digital. Titipku salah satunya, yang membantu UMKM-UMKM lokal nusantara untuk bisa lebih dikenal secara luas. Ulasan dari hasil jelajah UMKM dapat meningkatkan daya tarik produk dan menggaet konsumen baru.

Menghemat biaya pemasaran konvesional

Sebelum produk digital digemari, televisi menjadi media paling efektif untuk promosi produk. Biayanya? Cukup mahal, pastinya. Lalu ada juga media lain seperti reklame, koran, hingga majalah.

Sedangkan jika menggunakan pemasaran digital, biayanya dinilai tidak sebesar pemasaran konvesional dan hasilnya juga efektif. Bahkan lebih. Contoh sekali lagi, Titipku membantu UMKM-UMKM lokal untuk pemasaran digital tanpa biaya yang besar.

Bisa mengetahui perilaku konsumen

Dalam hal ini, kita bisa melihat apa yang sedang digandrungi dan yang paling dibutuhkan konsumen. Apa yang sedang trend biasanya mudah sekali muncul di media digital. Nah, dari disitulah ada peluang, kita bisa tengok produk usaha dan diupayakan untuk bisa mengisi peluang itu.

Selain itu, penting untuk memahami bahwa iklan kian berkembang dengan mengetahui bagaimana konsumen mendapatkan informasi. Dengan setiap perubaan, maka akan ada wawasan baru yang pada masanya akan membantu dalam seluruh strategi pemasaran yang lebih baik.

Mudah menghubungkan dengan konsumen

Pemasaran digital sangat memudahkan komunukasi dengan konsumen. Efeknya, jika kita responsif maka konsumen akan merasa dihargai karena dilayani dengan baik dan direspon cepat. Makanya, sangat disarankan untuk responsif apabila menggunakan fitur cantact dengan konsumen.

Selain itu, saat ini banyak yang menerapkan strategi omnichannel yaitu perpaduan antara pemasaran digital dan konvesional. Contohnya, suatu produk diposting di media sosial atau ­e-commerce. Kemudian ada calon konsumen tertarik dan melakukan transaksi pembelian secara digital. Tapi kemudian mengambil barang yang telah dibeli di toko yang bersangkutan. Cara membuat pemasaran digital semakin terintegrasi, lho.

Hampir serupa dengan Titipku. Bedanya, jika konsumen melakukan transaksi pembelian di Titipku maka bukan konsumen yang harus datang untuk mengambil belanjaan. Ada jatiper yang siap meluncur ke lokasi UMKM kemudian mengantarkan belanjaan kepada konsumen.

Kemajuan teknologi memang memberikan manfaat yang besar untuk dunia usaha. Bahkan dapat menjadi solusi bagi kesuksesan usaha, sekalipun bagi pedagang-pedagang kecil-menengah yang selama ini belum memiliki jangkauan pasar yang luas.



rewrite from kumparan.com





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan