Jangan Panik Saat Sakit Tenggorokan, Berikut Obat Alami Yang Mudah Dibuat Rumah



Di tengah berkembangnya virus corona atau covid-19, banyak orang berusaha supaya keadaan tubuh tetap bugar dan imunitas tubuh meningkat untuk mencegah terpapar virus ini. Ada kekhawatiran lebih ketika merasakan ada yang salah dengan tubuh salah satunya sakit tenggorokan. Salah satu gejala flu membuat ketakutan, karena gejalanya mirip dengan gejala terpapar virus corona.

Pada dasarnya, memang sakit tengorokan bisa disebabkan oleh infeksi virus dan  bakteri. Pengobatannya bisa bermacam-macam, termasuk dengan obat alami yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Berikut beberapa obat alami sakit tenggorokan dengan bahan mudah dan bisa dibuat sendiri di rumah.

1.       Madu

Madu bisa diminum langsung atau dicampur dengan teh hangat. Sudah lama, madu dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan dan efektif meredakan batuk. Selain itu, madu juga dapat menyembuhkan luka yang efektif. Maka dari itu, madu dipercaya dapat mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

2.       Air Garam

Air dan garam adalah bahan yang mudah untuk ditemukan. Jika lau hadis persediaan, bisa mudah didapat dengan membeli di warung atau titipbeli melalui aplikasi Titipku.

Untuk mengobati sakit tenggorokan, “ramuan” ini cukup dicampur dengan komposisi satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Lalu dicaduk sampai tercampur merata. Gunakan air garam iniuntuk berkumur dengan posisi kepala menengadah lalu muntahkan. Ingat, berkumur di kamar mandi ya, sehingga bisa langsung dimuntahkan di wastafel atau closet.

Berkumur dengan air garam bisa mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atau dan demam. Selain itu, juga bisa membantu membersihkan tenggorokan dari dahak. Tapi ingat, jangan memakai terlalu banyak garam dan jangan ditelan.

3.       Teh Hangat

Meminum teh hangat dapat menjadi salah satu obat sakit tenggotokan. Teh hangat jenis apapun baik herba maupun non herba, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

The mengandung antioksidan yang diprediksi dapat memberkuat kekebalan tubuh dan mampu menangkal infeksi. Supaya optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh hangat dan sakit tenggorokan bisa lebih cepat sembuh.

4.       Bawang Putih

Bawang putih mengandung sifat antibakteri. Makanya dapat digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk meredakan sakit tenggorokan. Cara terbaik untuk mendaptkan manfaat dari bawang putih untuk obat sakit tenggorokan adalah dengan cara mengunyahnya.

Saat hancur, bawang putih melepaskan senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antijamur. Nama senyawanya adalah allicin. Selain dikunyah, satu siung bawang butih dapat diisap seperti saat “mengemut” permen selama 15 menit.

Apabila tidak kuat untuk memakannya secara langsung, coba untuk dicampurkan dengan bahan lain seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus. Tapi, allicin akan lebih efektif jika dikunyah secara mentah.

5.       Sup Ayam

Ini adalah salah satu obat yang paling enak. Sup ayam hangat bisa dijadikan sebagai obat alami untuk skait tenggorokan. Makanan hangat ini dapat membantu mengurangi iritasi dan tenggorokan kering.

Sup ayam bisa dinikmati dengan mudah dan nikmat, makanan ini juga mudah ditelan meski tenggorokan sedang sakit. Dengan mengkonsumsi makanan cair seperti sup ini, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dapat terpenuhi. Juga dapat menambah cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

Nah, mudah dibuat bukan obat-obat alami di atas? Jangan lupa untuk tetap menerapkan hidup sehat dan istirahat yang cukup supaya sakit tenggorokan cepat berlalu.

Tak perlu panik di tengah pandemi Covid-19, segera saja buat obat-obat alami dan istirahat yang cukup supaya sakit  tenggorokan tidak semakin parah. Bahan-bahan obat alami di atas sangat mudah didapatkan di pasaran.

 Jika tidak ingin keluar rumah atau kos, kalian bisa beli bahan-bahan yang kalian butuhkan melalui aplikasi Titipku! Harganya pun bersahabat dengan kantong, sehingga tak perlu khawatir.

Ayo belanja di Titipku!



Rewrite: aladokter.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan