Mandi Menggunakan Sabun Cuci Tangan, Apakah Aman?


ilustrasi/ realsimple.com

Mandi merupakan cara yang dilakukan untuk menjaga kerbersihan dankesehatan kulit tubuh. Dengan mandi, dapat membilas segala macam bakteri yang bisa menumpuk dan menyebabkan penyakit.

Di situasi menangkal cirus corona seperti saat ini, mandi tentu menjadi cara yang dilakukan untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Apalagi setelah dari luar rumah.

Untuk mandi, pemilihan sabun mandi yang tepat pastinya juga sangat penting dilakukan. Teritama bagi oang-orang yang memiliki kulit sensitif dan mudah timbul iritasi.

Pada umumnya, sabun mandi terbaik menjadi tiga bentuk, nih.

1.       Sabun Batang

Pada umumnya, sabun batang mengandung sodium hidroksida yang berfungsi untuk membersihkan tubuh dari segala macam kotoran. Zat tersebut seringkali bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Jika tetap memilih menggunakan sabun batang, pastikan sabun yang dipilih tidak mengandungalkali atau zat basa yang tinggi, karena dapat menyebabkan kulit iritasi dan menjadi kering.

furthermore.equinox.com

Sebaliknya, disarankan untuk menggunakan sabun batang yang mengandung banyak emolien atau pelembab untuk menjaga kelembapan kulit. Sabun batang juga mengandung lebih sedikit pewangi jika dibandingkan dengan sabun cair.

2.       Sabun Cair (Body Wash)

Pada umumnya, sabun cair mengandung zat-zat lain yang diformulakan untuk menjaga kelembapan kulit. Sabun cair yang memiliki label “moisturizing” merupakan pilihan yang tepat dan sesuai bagi orang yang memiliki tipe kulit cenderung kering.

3.       Shower Gel
hallosehat.com

Sabun yang satu ini, bentuknya juga cari. Tetapi lebih kental dan biasanya mengandung lebih banyak pewangi. Jenis sabun ini, cocok bagi yang memiliki kulit berminyak.


Selain tiga sabun tersebut, pasti  juag sudah sering dengar dengan sabun cuci tangan atau hand wash. Pada umumnya, sabun cuci tangan berbentuk cair. Nah sama-sama sabun, apakah sabun cuci tangan juga bisa digunakan untuk mandi?

Biasanya sabun cuci tangan atau hand wash memiliki formula bahan-bahan yang lebih “keras” terhadap kulit. Mengingat tekstur telapak tangan yang juga lebih “kasar” dibanding dengan kulit tubuh. Tujuan penggunakan bahan yang lebih “keras” adalah untuk antiseptik ataumematikan kuman yang menempel pada tangan.

ilustrasi sabun cuci tangan/ 99.co

Sabun cuci tangan mengandung agen antibakterial seperti agen keratolitik, alkohol, triclosan, dan pewangi yang cukup menyengat, sehingga bisa menimbulkan kulit kering bahkan iritasi bagi orang-orang yang memiliki tipe kulit yang sensitif.

Berbeda dengan sabun mandi yang sudah didesain aman untuk seluruh bagian tubuh dengan ketebalan kulit yang berbeda-beda. Sabun cuci tangan didesan untukmembersihkan bagian tangan dengan ketebalan kulit yang cukup tebal, sehingga jika digunakan untuk seluruh tubuh dikhawtirkan juga menimbulkan iritasi pada kulit yang tipis.

Jika mengalami iritasi kulit karena penggunaan sabun cuci tangan baik penggunaan di tangan atau di badan, hentikan penggunaan sabun tersebut. Gunakan pelembab tanpa pewangi lebih sering pada kulit. Minum air putih yang cukup dan berkonsultasi dengan dokter ahli jika gejala iritasi yang ditimbulkan tidak juga hilang dalam waktu 2-3 hari.

---

Sabun memang efektif untuk membersikan kulit dari kotoran seiring dnegan basuhan air bersih. Umumnya bahan aktif dalam sabun mandi memiliki fungsi yang ampuh tanpa menyebabkan kerusakan kulit atau iritasi.

Penggunannya tentu harus dilakukan sesuai dengan formula yang telah ditentukan. Gunakan sabun mandi untuk seluruh badan. Hindari menggunakan hand wash untuk mandi, mengingat bahan-bahannya yang tidak “cocok” jika dipakai untuk badan.

Meski ditengah upaya menjaga badan super bersih agar terhindar dari Covid-19, jangan sampai muluk-muluk menggunakan hand wash sekaligus membasuh seluruh badan. Tenang, sabun manding banyak dijual dimana-mana, kok.

Jika jauh dari warung aau sedang dalam upaya mengurangi aktivitas keluar rumah, bisa pakai aplikasi Titipku untuk membeli sabun sabun mandi maupun sabun cuci tangan. Banyak UKM dengan produk sehari-hari yang bisa menjadi destinasi belanja onlinemu. Haranya pastinya juga terjangkau.

Jatiper siap membelikan pesananmu sesuai dengan SOP penanganan Covid-19, sehingga barang pesananmu aman dan selamat sampai tempat tinggalmu. Ayo belanja di Titipku!



Re-write: klikdokter.com & aladokter.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan