Tingkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Mengonsumsi Makanan-Makanan Ini


ilustrasi/ merdeka.com

Memiliki kekebalan tubuh yang baik, menjadi keinginan semua orang supaya tidak mudah sakit. Apalagi dalam situais seperti saat ini dimana persebaran virus corona kian merebak. Kekebalan tubuh menjadi hal sangat diperhatikan untuk mengurangi resiko tertular.

Selain melakukan hal-hal yang dianjurkan seperti bekerja dari rumah dan social distancing, asupan nutrisi bagi tubuh juga tak kalah pbuahenting untuk diperhatikan.

Terdapat ragam makanan yang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut daftarnya.

1.       Bayam

Bayam mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Sayuran ini juga mengandung banyak beta karoten, vitamin A, dan vitamin C yang efektif untuk memperkuat sistem kekbalan tubuh. Satu hal yang penting, hindari memasak bayam terlalu lama supaya nutrisinya tidak hilang.

2.       Buah-buahan

Aneka buah dengan warna cerah dan terang mengandung banyak antioksidan, mineral, dan vitamin yang punya peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Beberapa jenis  yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh diantaranya jeruk, pepaya, paprika, mangga, jambu air, jambu biji, stroberi, dan lemon.

Buah juga bisa berfungsi membantu melancarkan pencernaan. Jadi, mengonsumsi buah bisa memberikan double effect, nih.

3.       Makanan laut

Kenapa bisa, ya? Karena makanan laut mengandung sejumlah nutrisi yang penting seperti protein, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), omega-3, mineral, dan vitamin. Nutrisi-nutrisi tersebut penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti ikan, tiram, dan kerang. Tapi ingat, jangan memaksanakn memakannya jika memiliki alergi terhadap makanan laut, ya.


4.       Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang tinggi. Meski kandungan probiotik juag terkandung dalam makanan hasil fermentasi lainnya seperti tempe atau kimchi. Selain tempe, yoghurt mudah sekali didapatkan sehingga tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya.

Probiotik adalah jenis bakteri yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu seperti infeksi saluran kemih, siare, dan ISPA.

5.       Brokoli

Pasti sudah sering mendengar khasiat dari sayur kribo berwana hijau tua ini. Brokoli mengandung banyak antioksidan dan serat. Selain itu juga kaya akan vitamin C, A, dan E. Kandungan nutrisi-nutrisi tersebutlah yang membuat brokoli bisa menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6.       Bawang Putih

Bawang putih merupakan jenis bawang yang sering digunakan sebagai umbu aneka masakan. Rempah ini mengandung zat allicin yang bisa menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.

Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung zat yang bisa membasmi virus, bakteri dan parasit. Sifat antisoksidan yang terkandung di dalamnnya juga dapat meredakan peradangan dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Nah, selain mengonsumsi makanan bergizi seperti jenis makanan di atas, juga perlu meminum banyak air putih, menghindari makanan terlalu manis dan berlemak, supaya kekebalan tubuh meningkat. Tak lupa untuk berolahraga teratur selama 20-30 meit setiap hari.

Tak perlu terlalu “organik” untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Mengingat ragam makanan di atas dapat dengan mudah didapatkan di pasaran. Kandungan nutrisinya juga tak diragukan lagi. Kamu bisa titip beli makanan-makanan di atas melalui aplikasi Titipku dengan harga yang bersahabat, loh.

Jika ingin mendapatkan produk yang fresh, bisa juga titip beli di pasar-pasar tradisional. Selain untuk diri sendiri, dengan membeli produk melalui Titipku dapat berkontribusi meningkatkan  daya saing produk UMKM. Ayo belanja belanja di Titipku!



Rewrite: aladokter.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Jenis Sayuran Ini Cocok Dijadikan “Green Juice” yang Menyehatkan