Meski Sangat Asam, Ternyata Jeruk Nipis Punya Banyak Manfaat


the best of lime/ universityhealthnews.com

Mendengar kata jeruk, maka otomatis terbayang buah berasa manis-asam dengan daging buah berwarna oranye. Kulit buahnya bisa berwanr hijau, kuning, atau oranye tergantung jenisnya. Buah ini biasa dijual kilo-an dan hampir selalu ada di pasar dan toko-toko buah.

Selain jeruk sebagai buah dan penyegar “mulut”, ada satu jenis jeruk yang terkenal sangat asam dan tidak berwarna oranye meskipun telah masak. Rata-rata kulit buahnya berwarna hijau, kadang sedikit kekuning-kuningan.

Jeruk nipis. Buah yang dalam bahasa inggris disebut lime ini, memang sudah dari “sananya” memiliki rasa yang asam. Tekstur buahnya juga lebih keras jika dibandingkan dengan jeruk yang biasa dikonsumsi.

Meski asam, jeruk nipis tetap banyak dicari. Jeruk ini juga memiliki banyak manfaat untuk masakan dan kesehatan tubuh. Mengingat jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C, bagus untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu pembentukan kolagen yang sehat. Selain itu, masih ada lagi , nih.

Apalagi manfaat jeruk nipis? Simak beberapa hal berikut.

      Meningkatkan cita rasa minuman dan makanan

ilustrasi/ metrokini.com

Air jeruk nipis memiliki rasa asam yang khas, sehingga menjadikannya sebagai campuran bahan yang nikmat untuk makanan dan minuman. Irisan jeruk nipis atau perasannya, bisa ditambahkan ke dalam teh, soda, atau es sirup. Maka jeruk nipis bisa menambah rasa atau menjadi penyeimbang rasa manis. Minuman juga akan terasa lebih segar. Tak jarang, perasan air jeruk juga sering digunakan sebagai pendamping soto atau sop iga.

      Menghilangkan bau amis

Salah satu cara agar ikan yang diolah tidak berbau amis adalah dengan cara melumurinya dengan perasan air jeruk nipis. Tidak perlu khawatir juga, bagi yang tidak ingin ikan laut berbau amis ataupun ikan tawar berbau tanah. Tak hanya ikan, jeruk nipis juga bisa membantu menghilangkan bau amis pada daging ayam.

ilustrasi/ belitung.tribunnews.com

Diamkan selama beberapa menit agar air jeruk nipis bisa meminimalisir bau amis yang ada. Selain itu, air jeruk nipis bisa dengan mudah menetralkan aroma kurang sedap pada ikan ataupun daging ayam tanpa merusak rasanya, lho.

       Menjaga Kesehatan Kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah kulit kering dan timbulnya keriput seiring dengan pertambahan usia. Bagaimana bisa?

Vitamin C dalam jeruk nipis, bisa memacu produksi kolagen pada kulit yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet mudah.

ilustrasi/ arianna-skincare.com

Selain itu, jeruk nipis kaya akan antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu memerangi perubahan kulit yang berkaitan dengan usia. Sejumlah orang bisa mengalami stres oksidatif karena ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.

Dengan mengonsumsi buah jeruk nipis, maka dapat membantu mencegah beberapa tanda-tanda penuaan diri karena bisa meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerutan.

-

Satu lagi manfaat jeruk nipis. Jeruk nipis dipercaya dapat menjadi obat trasdisional untuk meredakan batuk. Caranya dengan memeras jeruk nipis di atas sendok makan dan ditambahkan dengan kecap manis. Lalu campuran tersebut ditelan seperti ketika mengonsumsi sirup obat batuk.

Meski memiliki rasa yang luar biasa asam, ternyata jeruk nipis mempunyai double manfaat. Baik untuk masakan maupun untuk kesehatan tubuh. Bicara tentang masakan, sekarang ada satu tips lagi bagi Kamu yang jadi gemas memasak saat #DiRumahAja. Menambahkan air jeruk bisa menghilangkan bau amis pada segala jenis ikan dan daging ayam.

Sesekali membuat minuman es jeruk nipis atau teh hangat dicampur perasan air jeruk nipis juga bisa menambah produksi kolagen dalam tubuh. Dengan begitu, kulit juga bisa mendapatkan supan nutrisi meski lebih banyak produktif dari rumah.

Mengingat sedang psyisical distancing dan melaksanakan #DiRumahAja selama masa pandemi COVID-19, titip beli bahan masakan, bumbu, dan buah bisa melalui aplikasi Titipku bisa menjadi pilihan yang tepat. Salah satunya untuk mendapatkan si buah asam ini.

Saat ini di aplikasi Titipku, Kamu juga bisa memilih warung-warung bumbu yang terdekat dengan keberadaanmu. Jadi, bisa lebih gampang mendapatkan produk yang diinginkan. Ayo belanja di Titipku!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Bisnis Kreatif Ala Mahasiswi