Amankah Buka Puasa Dengan Air Kelapa? Cek Ulasan Berikut


air kelapa muda/ vouge.in

Selain jus buah, minuman berasal dari buah juga bisa murni dari buah itu sendiri. Air kelapa muda misalnya. Tak perlu dibuat jus, kelapa sudah memiliki air dengan rasa segar yang khas. Memang ada rasa sepat-sepat, tapi sensasi manis dan kesegaran air kelapa tak ada duanya.

Tak heran jika banyak orang juga memilih air kelapa muda untuk menu buka puasa. Air kelapa muda dapat melegakan tenggorokan setelah seharian tidak dilewati cairan.

Air kelapa muda ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Maka dari itu, buka puasa dengan ir kelapa muda maish tergolong aman asal tidak berlebihan. Air kelapa muda banyak mengansung gizi baik dan rendah lemak, sehingga bisa membantu hidrasi tubuh tanpa membuat gemuk.

1.       Melepas rasa haus dengan cepat

Kelapa mengandung 95 persen air rendah lemak yang bisa mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Air kelapa mengandung banyak elektrolit, juga bisa mengatasi mual atau muntah saat buka puasa. Dengan begitu, tubuh akan terasa segar kembali untuk melanjutkan aktivitas setelah buka puasa.

2.       Mentralkan asam lambung

Perut terkadang akan terasa perih setelah seharian berpuasa, karena kosong berjam-jam. Hal itu dipicu oleh asam lambung yang naik. Tapi masalah tersebut dapat diatasi dengan minum air kelapa muda saat buka puasa, karena salah satu manfaat air kelapa muda adalah bisa menetralkan asam lambung.

Air kelapa akan membuat perut lebih rileks dan rasa sakit berlahan-lahan akan hilang. Air kelapa muda juga bisa membantu mencegah sakit maag atau gangguan pencernaan lainnya selama menjalankan puasa.

3.       Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh, juga termasuk salah satu manfaat air kelapa muda. Pasti sering mendengar jika perut terasa sakit karena keracunan makanan, maka akan cepat-cepat mencari air kelapa muda.

Berbagai zat yang terkandung dalam air kelapa seperti serat, vitamin C, magnesium, mangan, kalium, natrium, kalsium, dan elektrolit, dapat membantu proses detoksifikasi untuk membuang racun dalam tubuh. Terutama pada saluran pencernaan.

4.       Menurunkan kadar gula darah

Air kelapa muda aman dikonsumsi bagi yang menderita diabetes. Walaupun terasa manis, tapi air kelapa muda mengandung gula alami yangtidak menyebabkan kenaikan insulin. Ingat, air kelapa muda asli. Bukan yang sudah ditambah gula, ya.

Menurut penelitian dalam Journal of Basic and Clinical Physiology and Phamacology tahun 2015, air kelapa muda bisa menurunkan gula darah yang sudah diuji coba pada tikus. Kandungan L-arginin pada air kelapa bersifat antidiabetic dan antitrombotik, yang fungsinya untuk mencegah kenaikan gula darah (hiperglikemia) dan stress oksidatif.

Air kelapa muda juga mengandung magnesium terbaik. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan sensitivitasinsulin dan mengurangi gula darah, baik pada penderita diabetes tipe dua maupun prediabetes.

5.       Mengendalikan tekanan darah

Air kelapa muda juga aman dikonsumsi bagi yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Mengingat manfaatnya memang bisa mengendalikan tekanan darah dengan cukup cepat.

Dari penelitian oleh University Colleg of the West Indies tahun 2005, air kelapa muda dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada 71 persen penderita hipertensi. Dalam 240 ml air kelapa muda mengansung sekitar 600 miligram (mg) kalium dan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Memang bisa menurunkan tekanan darah, tapi air kelapa muda tetap tidak bisa menggantikan obat hipertensi dari dokter. Jadi, juga harus bijak untuk meminum air kelapa muda saat buka puasa.

air kelapa muda/ herzindagi.com

Nah, bagi yang ingin buka puasa dengan air kelapa mudah tak perlu ragu lagi. Selain menyegarkan, ternyata ada banyak manfaat. Dengan catatan air kelapa murni, tanpa tambahan gula maupun es batu.

Memang sensaninya lebih segar jika ditambah es batu, namun langsung meminum air kelapa muda menggunakan es, tidak dianjurkan. DIkarenakan, air kelapa muda yang dicampur es bisa memperparah rasa haus dan memicu sakit tenggorokan. Sebaiknya, diberi jeda beberapa waktu setelah buka puasa.

Disarankan, membatalkan puasa dengan air putih atau teh hangat terlebih dahulu untuk menenagkan tenggorokan. Setelah itu, baru minum air kelapa muda atau es kelapa muda supaya lebih semangat lagi melanjutkan ibadah.

Satu lagi, tidak pelru menambahkan banyak gula atau kental manis pada air kelapa. Batasi juga minum air kelapa muda maksimal satu gelas per hari, supaya manfaatnya bisa maksimal.

Untungnya, negeri ini kaya akan aneka minuman sehingga air kelapa muda pun tidak sulit untuk ditemukan. Banyak pedagang-pedagang kecil yang menjual air kelapa siap minum sehingga bagi yang ingin, jadi tidak akan kerepotan.

Melalui aplikasi Titipku, kamu juga bisa lho membeli air kelapa muda. Bahkan tanpa perlu datang langsung ke penjualnya, karena ada Jatiper yang siap meluncur. Apalagi sedang dalam masa #DiRumahAja, titip beli bahan dan menu buka puasa jadi lebih mudah dengan aplikasi Titipku.

Ayo belanja di Titipku!



Rewrite: honestdocs.id



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Bisnis Kreatif Ala Mahasiswi