Nikmatnya Cita Rasa Sambal Matah, Ternyata Khas Bali


sambal matah | rancahpost.com


Banyak yang bilang, tak lengkap rasanya makan makanan Indonesia tanpa sambal. Nah, sambal di nusantara ini juga beragam. Masing-masing daerah bahkan punya sambal khas sendiri. Salah satunya adalah Sambal Matah.

Sambal matah, khas Bali yang akhir-akhir ini menjadi salah satu primadona dalam dunia persambalan. Banyak tempat makan yang menambahkan sambal matah sebagai pilihan sambal yang bisa dipilih konsumen.

Sambal ini memiliki campuran cita rasa pedas, asam, dan segar. Sesuai namanya matah berarti mentah dalam Bahasa Bali, sambal mata menggunakan bahan dasar bahan yang mentah dan segar yaitu cabai rawit, bawang merah, bawang putih, sereh, dan daun jeruk. Semua bahan-bahan ini diiris tipis-tipis.

Kemudian semua bahan dicampur dengan cuka, air jeruk limau, terasi udang, dan minyak sayur yang sudah dipanaskan. Cabai yang digunakan juga bisa ditambah dengan cabai merah atau cabai merah keriting.

Sambal matah bermula dari masyarakat Bali yang konon sangat menyukai makanan pedas. Maka dari itu, mereka membuat masakan dengan cita rasa pedas yang lebih nendang khas “lidah” mereka. Sambal matah pun tercipta. Tak seperti sambal kebanyakan yang diuleg halus, sambal matah cukup berupa irisan bahan-bahannya saja.

Tak heran jika hampir semua makanan Bali menggunakan sambal matah sebagai pelengkap. Misalnya nasi campur bali, sate lilit, urap, lawar, peper ikan, tum ayam, ayam sisit, udang bumbu lai, telur ares, dan ayam betutu.

Dengan rasanya yang khas, tak heran jika saat ini sambal matah bisa d temukan di banyak wilayah tidak hanya di Bali saja. Dari warung makan hingga hotel berbintang. Sambal matah menjadi salah satu sajian andalan, karena ternyata banyak masyarakat non Bali asli yang juga cocok dengan cita rasa sambal ini.

Informasi tambahan, bawang merah yang kaya akan kandungan sulfur bisa membantu mencegah kanker, lho, jika dikonsumsi mentah. Selain  itu, juga membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat mengurangi serangan jantung, meningkatkan produksi insulin dalam tubuh sehingga bisa mengintrol diabetes. Sedangkan bawang putih memiliki kandungan berbagai mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Sereh, bahan yang satu ini juga mengandung zat mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan HDL atau kolesterol sehat, detoksifikasi, dan mencegah gangguan perut. Sementara jeruk limau, mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Cocok untuk turut membantu menjaga stamina tubuh disaat pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Kamu mungkin salah satu orang yang jatuh cinda denga sambal matah ini. Membuat beli merasa tak cukup dan tidak sabar untuk membuat sendiri saja. Tingkat kepedasan bisa disesuaikan sendiri. Lalu, bagaimana sih, cara membuat sambal matah sendiri?

Tapi perlu diingat, sambal ini tidak bisa bertahan terlalu lama. Disarankan untuk disantab begitu disajikan supaya rasanya juga lebih lezat dan nikmat.

Bahan-bahannya mudah ditemukan, bukan? Kamu juga bisa menambahkan irisan kecombrang atau tomat hijau ke dalam resep sambal matah ala Kamu. Yuk, cek bahan-bahannya di Aplikasi Titipku!

Pilih-pilih bahan sesuai kehendak hatimu dan bisa diatur loh, lokasi warung atau UMKM penjual yang dekat dengan tempat tingalmu. Jadi, bisa lebih cepat sampai di rumah, deh. Jatiper selalu siaga untuk membantumu menemukan bahan-bahan yang segar dan dalam kondisi baik. Bisa juga titip beli di pasar tradisional melalui Titipku ini.

Ayo belanja di Titipku!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Bisnis Kreatif Ala Mahasiswi