Banyak Kegunaan Jeruk Limau, Meski Bentuknya Kecil


jeruk limau/ blibli.com | alif mart

Jeruk adalah buah yang memiliki berbagai jenis, seperti buah-buah lainnya. Buah yang kaya vitamin C ini, memiliki perpaduan rasa manis dan segar. Tapi ada jenis jeruk yang terasa sangat asam dan memang bukan untuk dikonsumsi biasa.

Selain jeruk nipis, ada juga jeruk limau. Jenis jeruk yang sering digunakan sebagai bumbu beberapa olahan makanan. Makanan-makanan khas dari beberapa daerah di Indonesia, ada yang wajib menggunakan jeruk ini agar semakin memantabkan cita rasa.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk limau berawarna hijau. Tak berubah warna meski sudah matang. Warna hijau pada kulitnya, lebih gelap dibandingkan dengan jeruk nipis dan berukuran lebih kecil dari jeruk-jeruk kebanyakan. Tekstur kulitnya juga tak semulus jeruk nipis.

Rasa

Tentu, jeruk limau memiliki rasa yang asam. Bahkan lebuh asam dari jeruk nipis maupun jeruk purut.

Banyak Kandungan Air

Selain berukuran lebih kecil dari jeruk-jeruk lainnya, jeruk limau juga mengandung lebih air lebih sedikit. Airnya berwarna hijau agak kekuningan. Tapi warna bulirnya Nampak lebih bening.

Kegunaan

Biasanya, jeruk lumau digunakna untuk campuran makanan bercitarasa kuat, seperti sambal, soto, sop iga, dan sebagainya. Sedangkan jeruk nipis, biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis ada daging atau ikan, tanpa mengubah rasa dari ikan maupun daging tersebut.

Jika diperhatikan dan memang sudah menjaid respenya, jeruk limau selalu ada jika Kamu menikmati sambal pecak, soto khas Jawa Barat, dan sejumlah makanan Sunda lainnya. Biasanya hanya di belah menjadi dua, menjadi bumbu “peras” tambahan, atau diulek langsung bersama kulitnya dalam sebua cobek.

Saat masih #DiRumahAja, pasti banyak yang memanfaatkan waktu untuk berkreasi melalui masakan. Dari mulai makanan yang simple, sampai makanan berbumbu lengkap dan berrempah. Termasuk yang mengharuskan menggunakan jeruk limau. Kamu bisa banget titip beli jeruk limau di Aplikasi Titipku, jika tidak ada persediaan jeruk limau.

Jeruk limau mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun pedagang-pedagang kecil-menengah (UMKM), karena banyak yang membutuhkannya. Melalui aplikasi Titipku, Kamu bisa mendapatkan jeruk limau segar dengan harga yang sangat bersahabat dengan kantong. 

Plus, tanpa perlu keluar rumah dan bisa lebih cepat datang, karena didapatkan dari UMKM yang dekat dengan tempat tinggal.

ilustrasi/ freepik.com | @asierromero

Selain sebagai bumbu masakan, ternyata jeruk limau juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman untuk menampak system kekebalan tubuh. Disaat pandemic COVID-19, konsumsi vitamin C memang perlu ditingkatkan agar tidka mudah terpapar virus.

Cara membuatnya mudah. Siapkan 1-2 jeruk limau, kemudian peras dan tamping di dalam gelas atau cangkir. Kemudian campur dengan air panas. Nikmati saat sudah hangat-hangat kuku. Bisa ditambah madu sebagai pemanis alami, jika tidak kuat dengan rasa asamnya.

Melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan kulit

Selain sebagai penambah imun, jeruk limau juga memiliki manfaat lainnya.

Jeruk limau mengandung flavonoid yang bisa meningkatkan produksi enzim untuk mengurangi jumlah zat-zat makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh, apalagi racun. Rasa asam jeruk limau, akan meningkatkan jumlah air liur sehinga bisa memecahkan agar lebih mudah diolah oleh system pencernaan. Dengan begitu, system pencernaan bisa menjadi lancar dan risiko sembelit bisa berkurang, loh.

Kandungan vitamin C dan flavonoid yang melimpah dalam jeurk limau, juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan kekusaman. Vitamin C juga idmanfaatkan tubuh untuk memproduksi kolagen, sehingga kulita terasa lebih kenyal dan sehat.

Sabun Cuci Tangan dan Peralatan Dapur

Setelah memasak, jeruk limau bisa banget dimanfaatkan untuk membersikan kotoran pada peralatan dapur. Jeruk limau bisa membasmi lemak yang membandel yang sering menempel pada perkakas masak maupun kompor. Cukup campur potongan jeruk limau dengan air secukupnya.

Selain lemak yang membandel, jeruk limau juga ampuh menghilangkan bau-bauan yang tidak sedap. Campuran jeruk limau dan air, dapat Kamu manfaatkan sebagai sabun cuci tangan alami setelah makan.

Apalagi setelah menyantab makanan berbumbu tajam dan menggunakan tangan, sehingga bau-bauan bumbu bisa tertinggal pada jari. Cuci tangan dengan jeruk limau, sangat direkomendasikan.



Rewrite: fimela.com, kumparan.com





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membahagiakan Yang Masih Ada (Hidup)

Bandrek, Tak Hanya Sekedar Penghangat Badan

Gamis, Kaftan, dan Abaya... Ini Bedanya