Teknik Dasar Mengolah Daging Ayam yang Tepat

ilustrasi/ freepik.com | by atlascompany


Daging ayam dapat diolah dengan berbagai macam cara dan bumbu. Seiring dengan perkembangan tren kuliner yang semakin kreatif, juga banyak inovasi menu olahan ayam yang menarik minat banyak orang.

Teknik pengolahan ayam yang mendasar perlu diperhatikan. Ini penting, mengingat masih banyak yang ternyata melakukan kesalahan saat mengolah daging ayam.


1.       Jangan mencuci sampai bersih sebelum dimasak

Apapun jenis bagian ayam, tentu harus dipastikan kebersihannya. Daging ayam sebaiknya tidak dicuci sebelum dimasak. Kenapa? Padahal seharusnya, apapun bahan makanan harus dicuci sampai bersih sebelum dimasak.

Ternyata, mencuci bersih daging ayam mentah malah bisa berisiko meningkatkan perpindahan bakteri dari daging ayam mentah. Bakteri ayam bisa menyebar ke seluruh permukaan saat dicuci. Maka sebaiknya, daging ayam langsung diolah dan dalam suhu minyak yang tepat minimal 75 derajat Celcius. Suhu yang panas diperlukan untuk membunuh kuman maupun bakteri yang ada pada daging ayam.

 

2.       Jangan diamkan daging ayam di suhu ruangan terlalu lama

Sebaiknya, setelah membeli ayam, dari Aplikasi Titipku misalnya, jangan letakkan daging ayam di suhu ruang terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan perkembangan bakteri yang berbahaya pada daging ayam. Setelah dibeli, langsung simpan daging ayam di dalam kulkas atau freezer dan keluarkan saat akan diolah saja.

Selain itu, cairan daging ayam bisa merembes dan mengontaminasi makanan lain yang ada di dalam kulkas. Jadi, taruh daging ayam pada wadah atau mangkuk plastic, tutup rapat, lalu simpan di dalam kulkas.

ilustrasi/ freepik | by sirushti


3.       Jangan tempatkan bersebelahan dengan makanan lain

Ketika mengyimpan daging ayam mentah, jangan pula ditempatkan bersebelahan dengan bahan makanan yang lain secara langsung. Bakteri pada daging ayam mentah bisa menyebar ke makanan lain, lho. Jadi, selalu letakkan daging ayam mentah di tempat yang terpisah agar tidak mencemarkan bakteri.

 

4.       Mencuci tangan sebelum dan sesudah mengolah daging ayam mentah

Pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air hanya minimal 20 detik. Pastikan juga, tangan yang sudah memegang daging ayam tidak bersentuhan langsung dengan bahan makanan yang lain. Maka penting untuk mencuci tangan sebelum memegang bahan lain.

Selain tangan, spons cuci piring juga harus diperhatikan. Bersihkan spons pencuci piring setelah dipakai untuk membersihkan alat yang bersentuhan langsung dengan ayam, karena jika tidak, bisa menjadi sarang kuman paling besar.

 

5.       Jangan gunakan kembali air bumbu bekas rendaman ayam

Bumbu yang digunakan untuk merendam ayam biasanya sangat digemari dan nikmat. Tapi, disarankan untuk tidak terlalu lama digunakan untuk merendam karena bisa menyebabkan ayam tercemar bakteri.

Bakteri bisa tumbuh dalam suhu hangat. Setelah ayam digoreng, buang air rendamannya. Bumbu yang sudah bersentuhan dengan daging ayam mentah, sebaiknya tidak dipakai lagi.

Tak lupa, jangan pakai kembali alat masak yang sudah bersentuhan dengan daging ayam mentah. Seperti pisau, telenan, atau panci. Sebaiknya segera cuci bersih sebelum digunakan untuk mengolah makanan yang lain, supaya tidak berisiko menyebarkan bakteri.

 


Sumber: womantalk.com dan hellosehat.com

Komentar


  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Bisnis Kreatif Ala Mahasiswi