Tips Merawat Pakaian Putih Supaya Warnanya Tidak Kusam

ilustrasi/ freepik.com | @katemangostar

Pakaian berwarna putih punya banyak penggemar. Banyak yang menganggapnya motonon, tapi banyak juga yang menyukainya. Baju putih bisa dipadupadankan dengan warna yang lain dan dalam berbagai gaya. Bahkan sering menjadi tema khusus dalam suatu acara.

Warna putih pada pakaian memiliki arti ketulusan, kebaikan, dan kesederhanaan. Dalam suasana tertentu, warna putih dapat menonjolkan kesan elegan, meski sederhana. Selain itu, warna putih juga mampu menghadirkan energi positif dalam diri.

Merawat pakaian berwarna putih pun, harus lebih perhatian agar tidak kusam maupun kelunturan warna dari pakaian lain. Pakaian putih juga rentan terkena noda dan noda itu bakal mudah terlihat, sehingga mmebuat pakaian putih menjadi tidak enak dipandang. Lantas bagaimana cara merawat pakaian putih?

 

1.       Pilah Pakaian

Dimulai dari mencuci, harus selalu memiliah pakaian pakaian dan pisahkan pakaian putih dengan pakaian warna lain. Misalnya, warna hitam atau warna lainnya untuk mencegah pakaian putih kelunturan warna.

Jika mencuci bersamaan dengan pakaian lain, dapat mempengaruhi serat pakaian putih karena sudah tercampu dengan kotoran dari pakaian berwarna.

 

2.       Perhatikan Penggunaan Detergen

Perhatikan pula detergen yang dipakai, meski semua detergen fungsinya untuk membantu menghilangkan kotoran pada pakaian. Detergen dengan kandungan optical brighteners diklaim baik untuk pakaian putih, karena bisa membuat kain nampak lebih putih dan cerah.

 

3.       Kucek Bagian Tertentu

Bagian kerah, ketiak, lipatan siku, lipatan tangan, dan bagian kantong biasanya menjadi bagian yang mudah terkena kotoran, debu, atau daki. Lebih baik untuk selalu menguceknya saat mencuci. Bagian ini sulit untuk dibersihkan jika hanya menggunakan mesin cuci.

ilustrasi/ freepik.com

Jangan biarkan noda terlalu lama, segera dibersikan apabila terdapat noda di bagian yang lain. Rendam pakaian yang terkena noda dengan detergen khusus yang mengandung enzyme atau oxygen bleach selama sekitar 15 menit. Kemudian kucek bagian terkena noda.

 

4.       Gunakan pemutih pakaian

Penggunaan pemutih pakaian juga disarankan, apabila detergen biasa tidak bisa bekerja maksimal pada pakaian putih. Pemutih pakaian dapat membentu mengingkatkan kinerjannya. Tapi ingat, jangan gunakan pemutih pakaian pada pakaian berwarna.

Jika pakaian putih sudah terlihat masih kusam, rendam pakaian dengan pemutih setelah dicuci dengan detergen khusus. Rendam selama 30 menit sampa satu jam untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

5.       Jemur di Bawah Sinar Matahari

Pakaian putih lebih baik dijemur langsung di bawah terik matahari. Sinar ultravioletnya bisa membantu mencerahkan dan memutihkan pakaian. Segera angkat pakaian, jika sudah kering.

 

6.       Suhu Setrika

Setrika menjadi andalan untuk menghilangkan kusut pada pakaian. Pada pakaian putih, atur suhu setrika dengan suhu yang tidak terlalu panas. Temperatur yang terlalu panas bisa menggosongkan pakaian putih dan meninggalkan bekas kekuningan. Jika kusut susah dihilangkan, percikkan sedikit air atau gunakan cairan pelicin pakaian.

 

7.       Menyimpan

Disarankan untuk menggunakan gantungan pakaian atau hanger berbahan plastic atau kayu. Cara ini, bisa menjaga pakaian putih tidak mudah kusam dan lecek. Hindari penggunaan gantungan berbahan besi, karena rentan menimbulkan bercak karat pada pakaian.


 sumber: cnnindonesia.com dan popmama.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Bisnis Kreatif Ala Mahasiswi