Vitamin C Efektif Bantu Produksi Kolagen, Buat Kulit Nampak Awet Muda

ilustrasi/ freepik.com | @gargonia

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sudah familiar oleh seluruh makhluk di bumi. Manfaatnya sering digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau mencegah sariawan. Tak heran jika Vitamin C juga banyak disediakan dalam bentuk suplemen.

Selain untuk tubuh, Vitamin C juga baik untuk kesehatan kulit, sehingga sudah banyak yang memanfaatkannya sebagai nutirsi tambahan. Vitamin C dapat membantu meningkatkan kualitas kulit jika dikonsumsi secara rutin.

Pada dasarnya vitamin C atau asam askorbat merupakan vitamin yang dapat membentuk kolagen. Sedangkan kolagen sendiri penting untuk menjaga elastisitas kulit agar selalu nampak awet muda. Apalagi seiring bertambahnya usia, produktivitas tubuh akan kolagen bisa menurun. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga asupan vitamin C yang cukup supaya produksi kolagen dalam tubuh bisa tetap terpenuhi.

Sumber vitamin C yang alami antara lain buah lemon, jeruk, papaya, stroberi, nanas, jambu biji, sayur brokoli, dan kembang kol. Bahkan sayur dan buah tersebut mudah sekali dijumpai di pasaran. Lewat pembelanjaan online, juga sangta mudah dijangkau. Salah satunya dengan belanja melalui aplikasi Titipku yang bisa mendapatkan sayur dan buah sumber vitamin C alami di UMKM sekitar tempat tinggal.

Tak hanya sumber alami dan suplemen, saat ini vitamin C juga sudah banyak dipakai ke dalam bentuk krim, serum, atau gel dalam rangkaian skin care. Disarankan, produk skin care yang mengandung vitamin C dipakai secara rutin dua kali sehari waktu pagi dan malam. Kemudian bisa dikombinasikan dengan skin care lainnya seperti pelembab dan sunscreen.



ilustrasi/ freepik.com | @elena3456


Vitamin C dapat berfungsi merangsang produksi kolagen jika dioleskan pada kulit, terutama kulit wajah. Nantinya, kulit bisa menjadi lebih sehat, dan membantu membersihkan pori-pori wajah. Ada manfaat lainnya seperti:

·         Membantu mencerahkan kulit

Impian hampir semua perempuan bisa memiliki kulit yang cerah. Vitamin C diklaim efektif untuk mencerahkan kulit wajah. Dikarenakan vitamin C bisa menghambat pembentukan melanin atau pigmen yang memberi warna gelap pada kulit.

·         Menyamarkan kerutan

Masih berhubungan dengan peran vitamin C dalam pembentukan kolagen. Vitamin C juga bisa menyamarkan garis atau kerutan halus pada wajah. Hasilnya bisa membuat kulit wajah kenyal dan nampak lebih muda.

·         Melembabkan kulit

Khususnya serum vitamin C, dapat berfungsi untuk menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Saat pemakaiannya rutin, maka serum vitamin C bisa menurunkan risiko kulit kering dan kasar.

 

Nah, jika tidak dilindungi dengan sunscreen, makan kolagen bisa rusak akibat paparan sinar ultraviolet. Jadi penting untuk dikombinasikan dengan skin care lain dan sunscreen pastinya agar bisa bekerja secara maksimal.

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang kuat, sehingga bisa menangkal radikal jahat pada kulit. Manfaatnya bisa optimal dengan dikombinasikan dengan makanan yang mengandung vitamin E, seperti makanan laut, biji bunga matahari, kacang hazelnut, bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya.

Manfaat vitamin C ternyata amazing, sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk dipilih dalam upaya menuju kulit glowing.

 Tapi dalam penggunaan skin care yang mengandung vitamin C juga ada hal-hal yang perlu diperhatikan supaya hasilnya maksimal.

Bagi yang memiliki kulit sensitif, disarankan untuk konsutasi terlebih dahulu dengan dokter kulit atau dokter kecantikan sebelum menggunakan serum vitamin C.

Selalu gunakan sunscreen itu penting, karena vitamin C mudah rusak jika terpapar sinar matahari langsung. Jangan lupa, periksa juga tanggal kaduluarsa produknya, ya!

 

Rewrite: klikdokter.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Formasi Pie Susu Khas Bali Ternyata Blasteran Hongkong-Portugis

Meski Pahit, Mengkudu Ternyata Bisa Membantu Meningkatkan Stamina Tubuh

5 Bisnis Kreatif Ala Mahasiswi